Share:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

9 Penyebab Website Lambat dan Cara Mengatasinya

Daftar Isi

Jika membuka artikel kali ini mungkin website kamu loadingnya lambat, atau ingin mencegah agar website tidak lambat. Sebenarnya ada beberapa alasan yang menjadi penyebab website lambat.

Mengetahui penyebabnya adalah cara tepat agar kamu bisa menemukan solusi untuk mengatasinya. Penasaran? Tak usah berlama-lama lagi langsung saja simak pembahasan kali ini sampai selesai ya!

Penyebab Website Lambat

penyebab website lambat

Ada beberapa penilaian yang menyatakan website tersebut cepat atau lemot, berikut ini kriterianya:

  • Dibawah 1 detik = sempurna/perfect
  • 1-3 detik = above average
  • 3-7 detik = average
  • 7 detik keatas = very poor

Tes webste kamu, sesuaikan kecepatan loadingnya dengan kriteria tersebut diatas. Jika terdeteksi very poor, maka ada beberapa alasan yang jadi penyebab website lambat. Dibawah ini adalah beberapa alasan website menjadi lemot, apa saja?

1. Koneksi Internet

Saat kamu memutuskan untuk mendalami bisnis online, sebaiknya gunakan provider internet yang bagus. Sebagai pengguna, menghitung kecepatan internet adalah wajib hukumnya. Baik kecepatan upload maupun download harus sama-sama seimbang.

Contohnya, saat memuat suatu gambar untuk artikel. Jika koneksi lambat maka gambar tersebut tidak bisa dimuat saat di tengah-tengah proses upload.

2. Server Lemah

Kualitas server juga salah satu hal yang menjengkelkan, karena penyebab website lambat satu ini sulit di maintenance.

Saat sudah memilih suatu layanan hosting dengan harga yang lumayan, namun kualitas servernya lemah pasti sangat menjengkelkan.

Karena itu, saat memilih provider hosting perhatikan spesifikasinya terlebih dahulu, seperti RAM dan prosesornya. Jika prosesor dan RAM rendah, hal tersebut biasanya akan menyebabkan website menjadi lambat.

3. Menggunakan WordPress Versi Lama

WordPress merupakan CMS yang handal, karena mampu mengelola konten website dengan baik. Namun jika tidak di update, WordPress dengan versi lama pasti akan membuat website menjadi lambat.

Selain itu, dari sisi keamanan juga cukup berbahaya jika tidak rajin mengupdatenya. Karena para hacker selalu mencari celah keamanan website. Untuk mengatasinya, kamu harus rajin mengupdate WordPress jika ada pembaharuan.

4. Tidak Didukung CDN

Content Delivery Network atau CDN merupakan sistem yang membantu website agar loadingnya bisa lebih cepat. CDN memiliki server global yang tersebar di berbagai negara.

Baca Apa itu CDN? Baca Pengertian dan Ketahui 5 Provider CDN Terbaik untuk mengetahui penjelasan CDN secara lengkap.

5. Salah Konfigurasi

Melakukan konfigurasi sesuai kebutuhan dapat meningkatkan performa website, namun jika salah melakukannya hal tersebut justru akan menjadi penyebab website lambat, lho.

Pengaturan yang bisa dimodifikasi yaitu, pengaturan update, manajemen posting, pengelolaan database dan tautan. Untuk mengatasinya, pastikan konfigurasi yang kamu lakukan sudah benar.

6. Adanya Render Blocking JavaScript

JavaScript memberikan fungsi interaktif, sehingga website akan terlihat semakin menarik dengan adanya konten yang dinamis. Namun, cara kerja JS bisa menimbulkan render block.

Render block merupakan kondisi delay dimana semua file harus loading secara sempurna sebelum ditampilkan. Hal tersebut pastinya akan membuat website kamu menjadi lemot.

Kamu juga bisa membaca Apa itu JavaScript? Baca Pengertian dan Fungsinya untuk Website!

7. Penggunaan Konten Flash yang Berlebihan

Konten animasi, video, audi hingga game memang akan membuat website semakin menarik. Namun, jika terlalu banyak menggunakan konten tersebut, hal itu akan memperlambat website kamu.

Untuk mengatasinya, gunakan konten flash seperlunya saja, jangan berlebihan. Agar website kamu tidak lambat ketika diakses.

8. Terlalu Banyak Plugin

Menggunakan plugin dengan fungsi tertentu memang akan meningkatkan performa website, namun jika terlalu banyak plugin dengan fungsi yang hampir sama hal itu justru menjadi penyebab website lambat, lho.

Jadi, pastikan memilih plugin sesuai kebutuhan ya!

9. Banyaknya Spam

Dengan adanya spam di website, hal tersebut akan membuat pengunjung merasa tidak nyaman. Untuk mengatasinya kamu bisa menginstall plugin security, namun pastikan memilih yang tepat ya.

Kamu bisa membaca Top 11 Plugin Security WordPress Terbaik agar tidak bingung memilih mana plugin yang tepat.

Kesimpulan

Nah itulah beberapa penjelasan mengenai apa saja penyebab website lambat ketika diakses. Jika sudah mengetahui penyebabnya, maka langkah yang diambil untuk mengatasi pasti tepat.

Semoga pembahasan kali ini bermanfaat, jika ada pertanyaan jangan ragu untuk meninggalkan komentar di kolom yang sudah tersedia di bawah ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

© Bamaha Digital 2021

Mitra Bisnis Online Anda

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram