Share:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

Top 10 Tools Gratis untuk Cek Kecepatan Website Terbaru!

Daftar Isi

Menggunakan website untuk bisnis memang menguntungkan. Namun, semua itu tergantung kualitas website yang dibangun. Mulai dari kualitas konten, hingga cepatnya loading halaman saat dibuka oleh pengunjung.

Website yang lambat akan mempengaruhi user experience, sehingga hal tersebut berdampak buruk kepada bisnis kamu. Nah, untuk mencegahnya kamu bisa cek kecepatan website secara berkala.

Nah, pada artikel kali ini materi yang akan kita bahas adalah cara cek kecepatan website menggunakan tools. Tak usah berlama-lama lagi, langsung saja simak sampai akhir pembahasan, ya!

Apakah Kecepatan Website itu Penting?

Jawabannya adalah iya, alasan utamanya karena tidak ada orang yang mau menunggu lama agar website terbuka penuh. Bahkan dalam hitungan detik saja, jika dirasa lama pasti pengunjung akan menutup halaman website kamu.

Selain itu ada beberapa alasan mengapa speed website begitu penting, apa saja?

1. Mempengaruhi Kesan Pertama

Kecepatan loading website akan memberikan kesan pertama untuk para pengunjung. Jika kesan pertamanya sudah buruk, pasti akan melekat di benak mereka.

Berbeda saat website cepat terbuka, pasti mereka akan merasa beruntung telah membuka website kamu.

2. Mempengaruhi Pendapatan

Audiens yang pergi karena loading website lambat bisa jadi mereka adalah pengunjung potensial. Dimana mereka akan membelanjakan uangnya untuk membeli produk atau jasa yang kamu tawarkan.

Jika mereka sudah pergi sebelum mengetahui produk kamu, pastinya hal tersebut akan mempengaruhi pendapatan, bukan?

3. Mempengaruhi Ranking Google

Ranking Google memang ditentukan oleh kualitas konten, relevansi dan otoritasnya.

Namun jangan salah, loading website yang lambat juga mempengaruhi ranking Google, lho. Hal tersebut berkaitan dengan user experience.

Faktor yang Mempengaruhi Kecepatan Website

Ada beberapa faktor yang menentukan kecepatan loading website, yaitu:

  • Menggunakan source code berupa HTML, SCC, JavaScript dan sebagainya.
  • Kecepatan koneksi internet.
  • Ukuran file gambar, video dan multimedia lainnya.
  • Lokasi dan spesifikasi server hosting yang digunakan.
  • Penggunaan plugin yang terlalu banyak.

Baca juga Plugin WordPress Terbaik yang Wajib Ada di Website Terbaru!

10 Tools untuk Cek Kecepatan Website

Setelah mengetahui pentingnya kecepatan website dan apa yang mempengaruhinya, kini saatnya kita ke pembahasan utama yaitu cara cek kecepatan website.

Kamu bisa menggunakan tools speed test dengan gratis. Berikut ini adalah 10 rekomendasi tools speed test gratis, yaitu:

1. Google PageSpeed Insight

cek kecepatan website

Google PageSpeed dikembangkan oleh Google dan membantu para penggunanya mengecek kecepatan website untuk perangkat desktop maupun perangkat mobile.

Google PageSpeed Insight akan menilai kecepatan loading website menggunakan skala persen. Nilainya yaitu, 0 sampai 49 persen menunjukkan website lambat. Nilai 50 hingga 89 persen menunjukkan kecepatan website sudah mencapai rata-rata.

Dan nilai 90 sampai 100 persen menunjukkan jika website sudah cepat. Tools ini juga akan memberikan saran untuk meningkatkan user experience di perangkat mobile.

2. Pingdom

cek kecepatan website

Salah satu tools monitoring website yang paling terkenal adalah Pingdom. Penggunanya juga perusahaan-perusahaan besar seperti Spotify, Facebook, Twitter dan Pinterest.

Pingdom memberikan skala penilaian dari 0 sampai 100. Semakin tinggi angka yang didapat, maka semakin baik juga kecepatan website tersebut.

Jika melakukan pengecekan website di Pingdom, kamu akan mendapatkan saran-saran apa saja yang harus dilakukan untuk meningkatkan kecepatannya. Selain itu, tools ini juga gratis, lho!

3. GTMetrix

cek kecepatan website

Sama seperti Pingdom, GTMetrix juga salah satu tools gratis untuk cek kecepatan website yang patut dicoba. Cara penggunaannya juga mudah, cocok sekali untuk pemula.

GTMetrix menyediakan analisis lengkap mengenai kecepatan website berdasarkan rekomendasi dari Yslow dan Google PageSpeed Insight.

Tools ini akan menampilkan ringkasan analisis kecepatan website pada bagian halaman, dengan begitu kamu akan mudah membacanya.

Simak juga Top 11 Plugin Security WordPress Terbaik!

4. Google Speed Test

cek kecepatan website

Salah satu tools dari Google untuk cek kecepatan website selain Google PageSpeed adalah Google Mobile Website Speed Testing Tool.

Bedanya dengan Google PageSpeed, tools ini lebih fokus untuk penilaian website di perangkat mobile.

Nilai analisis yang diberikan juga sama, yaitu skala 0 sampai 100 dan memberikan saran-saran yang harus dilakukan agar kecepatan website bisa meningkat.

5. Geek Flare

cek kecepatan website

Software ini memungkinkn penggunanya mengecek kecepatan website di perangkat desktop maupun perangkat mobile. Dalam laporan analisisnya, Geek Flare menyediakan informasi di detik berapa halaman web sudah bisa loading secara penuh.

6. Load Impact

cek kecepatan website

Selain melakukan test my website speed google, kamu juga bisa menggunakan tools bernama Load Impact.

Tools tersebut menyediakan dua versi, yaitu gratis dan berbayar. Kamu harus membayar 89 US Dollar per bulan untuk layanan premiumnya.

7. KeyCDN Website Speed Test

cek kecepatan website

Tools gratis milik KeyCDN memberikan cara yang mudah dan cepat untuk menganalisis kecepatan situs web. Kemudian, tools ini akan menampilkan ringkasan analisis lengkap dengan preview halaman yang diperiksa.

8. WebPageTest 

cek kecepatan website

Tools yang dikembangkan oleh teknisi Google Chrome, bernama Patrick Meenan ini bersifat open source.

Dimana pengguna bebas melakukan tes kecepatan website dari berbagai lokasi di seluruh dunia menggunakan browser secara gratis.

Selain itu, WebPageTest juga memberikan fitur tambahan seperti capture video, pemblokiran konten, perbandingan first view dengan repeat view, dan masih banyak lagi.

Kelebihannya, tools ini sudah mendukung HTTP/2, sehingga kamu bisa melakukan uji coba kinerja dari WordPress hosting lengkap dengan SSL dan parallelism dalam penilaian.

Baca Meningkatkan Penjualan dengan Cepat Menggunakan Retargeting Ads!

9. Chrome DevTools

cek kecepatan website

Tools satu ini merupakan bagian dari browser Google Chrome. Karena kemudahan akses dan keefektivitasannya melakukan debugging serta uji coba, Chrome DevTools cukup populer di kalangan developer website.

Cara menggunakannya juga cukup mudah, yaitu tekan tombol Command+Option+I(Mac) atau Control+Shift+I (Windows dan Linux). Setelah itu, kamu bisa cek kecepatan website dan mendapatkan laporannya.

10. Web Page Analyzer

cek kecepatan website

Web Page Analyzer akan memberitahu kecepatan website pada koneksi internet yang berbeda-beda. Penilaian yang diberikan sesuai dengan 11 aspek dimana kamu bisa mendapatkan rekomendasi yang harus dilakukan untuk meningkatkan kecepatan website.

Kesimpulan

Nah, itulah pembahasan mengenai bagaimana cara cek kecepatan website menggunakan tools gratis. Dengan mengetahui kecepatan website kamu, maka kemungkinan bisnis bisa berkembang secara maksimal cukup besar.

Selain itu, dari mengetahui seberapa cepatnya website, kamu bisa melakukan perbaikan-perbaikan berdasarkan rekomendasi dari tools tadi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

© Bamaha Digital 2021

Mitra Bisnis Online Anda

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram