Share:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

Apa itu JavaScript? Baca Pengertian dan Fungsinya untuk Website

Daftar Isi

Bagi kamu yang masih awam di dunia website dan pemrograman, istilah JavaScript belum terlalu familiar. Dan pastinya bertanya-tanya “Apa itu JavaScript?” “Mengapa istilah tersebut selalu ada dalam pembahasan website?”

Tenang saja, semua pertanyaan tersebut akan terjawab di artikel ini. Karena materi pembahasan kali ini adalah pengertian JavaScript dan contohnya, fungsi JavaScript hingga cara mengaktifkannya.

Apa Itu JavaScript?

Sebenarnya apa yang dimaksud dengan JavaScript? JavaScript atau JS merupakan salah satu bahasa pemrograman yang digunakan oleh web developer. Terdapat tiga bahasa utama pemrograman bagi website, diantaranya:

  1. JavaScript. Menyempurnakan sistem dan tampilan website.
  2. HTML. Memungkinkan pengguna menambahkan konten ke halaman website.
  3. CSS. Memungkinkan pengguna menentukan layout, style dan keselarasan halaman web.

apa itu javascript

Sederhananya begini, HTML bisa diibaratkan sebagai rumah. Kemudian CSS adalah perabotan seperti wallpaper, karpet dan hiasan lainnya. Lalu JavaScript memiliki peran responsif seperti menghidupkan lampu dan membuka pintu.

Bayangkan saja jika rumah hanya memiliki lampu, namun lampu tersebut tak bisa menyala. Pasti rumah terlihat sangat suram bukan?

Bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh Netscape ini memungkinkan kamu mengalihkan elemen ke halaman website tertentu.

Selain itu, penggunaan memorinya juga sangat kecil. Sehingga lebih ringan dan cepat dibanding dengan bahasa pemrograman lainnya.

Baca juga Apa itu AMP dan Bagaimana Cara Menggunakannya di Website?

Sejarah JavaScript

apa itu javascript

Seorang karyawan Netscape bernama Brendan Eich, mendesain JavaScript selama sepuluh hari pada bulan September 1995. Awalnya bahasa pemrograman ini disebut dengan Mocha, lalu diganti menjadi Mona, kemudian berubah menjadi LiveScript sebelum akhirnya resmi diberi nama JavaScript.

Versi pertama JavaScript hanya memiliki fitur terbatas. Dengan perkembangan yang dilakukan oleh komunitas developer, JavaScript terus dikerjakan hingga pada tahun 1996 JS secara resmi disebut dengan ECMAScript.

Pada tahun 1998 ECMAScript 2 diluncurkan, pada tahun selanjutnya yaitu 1999 ECMAScript 3 diperkenalkan. ECMAScript terus dikembangkan hingga akhirnya dikenal sebagai JavaScript yang kita kenal saat ini.

Kelebihan JavaScript

apa itu javascript

Apa kelebihan JavaScript? Ada beberapa hal yang membuat bahasa pemrograman satu ini lebih unggul daripada kompetitornya. Berikut ini adalah kelebihan JavaScript yang harus kamu ketahui:

  1. Bahasa pemrograman lebih cepat dan ringan.
  2. Website akan lebih interaktif dan mampu menarik lebih banyak pengunjung.
  3. Bisa digunakan untuk memvalidasi input data.
  4. JavaScript bisa digunakan sebagai platform, browser dan lain-lain.
  5. Lebih mudah menemukan dan menangani masalah atau error di website.
  6. JavaScript lebih mudah dipelajari daripada bahasa pemrograman lainnya.
  7. Kamu tidak membutuhkan compiler kresna web browser dengan otomatis akan menginterpretasikannya dengan HTML.

Kekurangan JavaScript

apa itu javascript

Tak adil rasanya jika kita hanya membahas kelebihan JavaScript. Nah, dibawah ini adalah beberapa kekurangannya, apa saja?

  1. Dapat di-render di perangkat manapun, hal tersebut membuatnya terlihat tidak konsisten.
  2. Kode snippet JavaScript agak banyak.
  3. Ada beberapa browser dan perangkat yang tidak mendukungnya.
  4. Bisa digunakan untuk mengaktifkan kode berbahaya.
  5. Memiliki resiko tinggi terhadap eksploitasi.

Untuk meminimalisir kekurangannya, kamu bisa menginstall plugin keamanan. Dengan plugin security celah keamanan di JavaScript akan ditutupi.

Kamu bisa membaca Top 11 Plugin Security WordPress Terbaik agar tidak bingung memilih mana plugin yang tepat untuk websitemu.

Cara Kerja dan Fungsi JavaScript

apa itu javascript

JavaScript di embed secara langsung ke halaman website, atau diarahkan melalui file .js yang terpisah. Dari sisi klien, JavaScript mengunduh data di perangkat yang dimiliki pengunjung, kemudian diproses.

Sedangkan dari sisi server, JavaScript akan mengirimkan file ke pengunjung situs. Perlu diketahui juga, bahwa sebagian web browser menawarkan kesempatan bagi penggunanya untuk menonaktifkan JavaScript.

Kesimpulan

Itu tadi pembahasan mengenai apa itu JavaScript. Pada intinya JavaScript adalah bahasa pemrograman yang menjalankan website agar terlihat lebih menarik. Alasan mengapa JS begitu populer adalah keunggulan serta kualitasnya memang sangat baik.

Semoga artikel kali ini menjawab kegelisahanmu mengenai pengertian JavaScript lengkap dengan fungsi dan kelebihannya. Jika ada pertanyaan jangan ragu untuk menuliskan komentar di kolom yang sudah tersedia di bawah ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

© Bamaha Digital 2021

Mitra Bisnis Online Anda

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram