Share:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

Apa itu CDN? Baca Pengertian dan Ketahui 5 Provider CDN Terbaik 2021

Daftar Isi

Istilah CDN pasti sudah familiar bagi kalian yang sedang mempelajari website. Content Delivery Network atau CDN digunakan oleh pengembang website agar loading halaman situs tidak lambat.

Meskipun kegunaannya sudah jelas, mungkin kamu masih bertanya-tanya apa itu CDN, bagaimana cara menggunakannya, lalu apa saja contoh CDN?

Tenang saja, semua pertanyaan tersebut akan terjawab dalam artikel kali ini. Penasaran? Simak sampai akhir ya!

Apa Itu CDN?

apa itu CDN

Apa itu CDN ? Content Delivery Network (CDN) Merupakan sebuah provider kumpulan dari server global yang berfungsi untuk mengirimkan konten statis ke suatu website berdasarkan lokasi geografi pengguna.

Contohnya, user dari USA sedangkan web server kamu di Indonesia, maka server CDN paling dekat dari USA akan melayaninya. Dengan begitu user dari Indonesia bisa mengakses website lebih cepat.

Mungkin kamu beranggapan jika menggunakan hosting yang powerful seperti VPS dan dedicated server, menggunakan CDN tidak memberikan efek.

Padahal, tak peduli seberapa besar resource server yang dimiliki, lokasi dari sebuah server merupakan salah satu faktor penting untuk meningkatkan kecepatan sebuah website.

Baca juga 10 Top Rekomendasi Plugin Email Marketing Terbaik 2021!

Keuntungan dan Manfaat Menggunakan CDN

apa itu CDN

  • CDN menjadi solusi tepat agar website memiliki banyak pengunjung.
  • CDN mendukung semua tipe hosting dan website.
  • CDN meningkatkan kecepatan loading website, terutama jika lokasi user dekat dengan server CDN.
  • CDN bisa meningkatkan peringkat yang lebih baik di hasil pencarian.
  • CDN efektif mengurangi penggunaan resource, seperti disk space dan bandwidth.
  • CDN memastikan website bisa diakses secara global.

Berikut ini adalah manfaat CDN yang bisa kamu dapatkan saat menerapkannya pada website, apa saja?

CDN adalah Solusi Tepat untuk Website yang Memiliki Banyak Pengunjung

Cache website di beberapa server yang tersebar di seluruh dunia akan disimpan oleh CDN. Saat pengunjung ingin mengakses suatu website, maka CDN akan mengarahkannya ke server paling dekat dengan pengunjung tersebut.

Hal tersebut mengurangi beban server, sehingga website bisa memiliki banyak pengunjung.

CDN Mendukung Semua Tipe Hosting dan Website

Semua provider hosting menggunakan CDN untuk memaksimalkan kinerja website, sehingga kamu tak perlu khawatir apakah layanan hosting yang digunakan tidak bisa menggunakan CDN.

Bahkan, website yang menggunakan WordPress telah terintegrasi dengan CDN langsung, lho.

Baca Top Rekomendasi Hosting Terbaik di Indonesia, Terbaru 2021!

CDN Meningkatkan Kecepatan Loading Website

Saat CDN mengarahkan pengunduhan ke server terdekat dengan pengunjung. Tindakan tersebut akan mempercepat loading website, karena pengunjung tk perlu melewati beberapa routing server di seluruh dunia.

Mungkin saja hal tersebut tidak berjalan dengan baik saat letak server dan pengunjung berada di negara yang sama. Namun tak ada salahnya jika kamu menggunakannya, lalu bandingkan sebelum dan sesudah menggunakan CDN.

CDN bisa Meningkatkan Peringkat yang Lebih Baik di Hasil Pencarian

Karena CDN membantu mempercepat loading suatu situs, hal tersebut juga berpengaruh terhadap user experience dari pengunjung.

Karena pengunjung merasa jika website berjalan sesuai keinginan mereka tak menutup kemungkinan jika mereka akan selalu menuju ke websitemu.

Saat mendapatkan kepercayaan tersebut, trafik website bisa meningkat dan tidak menutup kemungkinan jika website kamu mendapatkan peringkat teratas di hasil pencarian.

CDN Efektif Mengurangi Penggunaan Resource

CDN meminimalisir permintaan ke server hosting dengan melakukan cache dan mengirimkannya kepada pengunjung. Hal ini sangat berguna bagi kamu yang memiliki hosting dengan sumber daya terbatas.

Contohnya ketika pembatasan bandwidth yang kadang melebihi kapasitas. Selain itu beberapa provider hosting juga menerapkan disk space maupun RAM yang terbatas.

CDN Memastikan Website bisa Diakses Secara Global

CDN memiliki server yang tersebar di seluruh dunia, hal tersebut memungkinkan pengunjung dari seluruh dunia bisa mengakses website kamu.

Apalagi ada beberapa negara yang memblokir akses pada jaringan tertentu sehingga membuat pengguna di negara tersebut tak bisa mengaksesnya.

Ketahui Tips Meningkatkan Keamanan Website Terbaru!

Cara Kerja CDN

Pemilik website akan meletakkan layanan website dalam satu lokasi, dan semua pengunjung akan mengakses server yang sama.

Hal itu akan membuat pengunjung dari lokasi server akan mengalami page load lebih lama karena adanya transfer data.

Nah, disinilah CDN masuk. CDN menyimpan resource statis server, seperti CSS, gambar website dan JavaScript atau JS. Kemudian saat pengunjung mengakses server, ata resource tadi akan dikirimkan melalui browser.

Saat kunjungan pertama memang memerlukan sedikit waktu tambahan karena proses menyimpan resource statis tadi, namun pada kunjungan setelah itu loading halaman pasti akan lebih cepat.

Percuma loading website cepat namun keamanan website belum sempurna, baca Menambah Keamanan URL Login WordPress dengan Cara Ini dan Tips Meningkatkan Keamanan Website Terbaru!

Provider Layanan CDN Terbaik

Dengan banyaknya layanan CDN yang tersedia, pasti akan membuat bingung untuk menentukan manakah CDN terbaik yang akan digunakan. Dibawah ini adalah beberapa rekomendasi CDN terbaik yang bisa kamu jadikan referensi.

1. Cloudflare

apa itu CDN

Salah satu layanan CDN tebraik adalah Cloudflare. Karena memiliki panel kontrol yang mudah digunakan untuk membersihkan cache dan memantau kinerja website.

Selain itu, Cloudflare juga memberikan penawaran CDN gratis untuk situs website kecil. Uniknya, ada fitur “I am under attack Mode” yang berfungsi untuk menunjukkan user halaman keamanan selama beberapa detik saat menganalisis trafik dan mengirim ke kamu.

Cloudflare menyediakan layanan CDN gratis dan versi premium atau pro. Untuk memilihnya sesuaikan dengan kebutuhan kamu ya.

2. Incapslua

apa itu CDN

Layanan CDN ini menggunakan proses cache dengan machine learning dan opsi panel kontrol, diimbangi dengan penyimpanan cepat serta alat optimasi untuk meningkatkan performa website.

Terdapat versi gratis selama 14 hari untuk paket Pro, serta 7 hari untuk paket Bisnis. Setelah waktu itu, kamu harus segera membayar agar tidak ditagih.

3. KeyCDN

apa itu CDN

KeyCDN mengirimkan konten dengan dukungan 34 data center di seluruh dunia. Kamu bisa menginstal plugin ini di WordPress dengan nama “CDN Enabler”.

Plugin tersebut berguna untuk memudahkan optimasi Key CDN ke situs WordPress kamu.

Bagian terbaiknya, plugin CDN Enabler akan membersihkan cache CDN Zone langsung dari dashboard WordPress. Sehingga kamu tak perlu login ke dashboard KeyCDN untuk mengelola dan membersihkan cache.

4. MaxCDN

 

apa itu CDN

MaxCDN menjadi layanan CDN terbaik untuk WordPress saat ini. servernya dilengkapi dengan drive SD yang cepat dan tersebar di data center seluruh dunia.

Layanan ini memiliki banyak fitur seperti membersihkan cache, mengatur lokasi, melihat laporan dan masih banyak lagi.

Selain itu, MaxCDN juga bisa menambahkan sertifikat SSL untuk memastikan konten di cache disajikan melalui SLL dengan format HTTPS.

Cara menggunakan MaxCDN di website cukup mudah, kamu bisa menginstal plugin caching seperti W3 Total Cache, WP Super Cache dan WP Rocket untuk mengintegrasikan layanan CDN dengan website kamu.

5. jsDelivrr

apa itu CDN

jsDelivr menyediakan CDN untuk website yang memiliki banyak js atau JavaScript. jsDelivr dikembangkan dan dikelola oleh Prospect One.

Meskipun tidak terlalu terkenal seperti keempat provider di atas, jsDelivr tetap bisa menjadi pilihan terbaik, lho.

Kesimpulan

Nah, itulah pembahasan mengenai apa itu CDN lengkap dengan beberapa rekomendasi layanan CDN yang bisa kamu jadikan referensi.

Penggunaan CDN bisa dibilang penting, mengingat kecepatan loading website akan mempengaruhi kredibilitasnya di mata pengunjung.

Jangan lupa meninggalkan komentar dan share ya! Harapannya kamu sudah memahami CDN dengan baik setelah membaca artikel kali ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

© Bamaha Digital 2021

Mitra Bisnis Online Anda

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram