Share:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

Blogspot atau WordPress? Mana yang Terbaik? Ini Perbandingannya

Daftar Isi

Saat ingin membuat website kamu mungkin bingung harus membuat website menggunakan platform Blogspot atau CMS WordPress.

Tentunya kedua platform tersebut berbeda ya guys. Entah itu fitur, maupun cara pembuatan websitenya. Sebenarnya apa sih pengertian WordPress dan Blogspot? Lalu apa perbedaan Blogspot dan WordPress? Dan apa saja contoh Blogspot dan WordPress?

Tenang saja, pertanyaan-pertanyaan itu akan terjawab pada artikel ini. Karena materi kita kali ini akan membahas perbedaan Blogspot dan WordPress lengkap dengan kelebihannya. Penasaran? Simak artikel ini sampai selesai ya!

Perbedaan WordPress.org dan WordPress.com

blogspot atau wordpress

Sebelum memilih antara Blogspot atau WordPress, ada baiknya jika kamu mengetahui apa perbedaan WordPress.org dan WordPress.com terlebih dahulu.

Kedua jenis WordPres tersebut merupakan platform yang berbeda, lho. Melakukan pengecekan di setiap platform merupakan cara efektif untuk mengetahui perbedaan dari keduanya.

Berikut ini adalah rangkuman perbedaannya:

1. WordPress.org

Salah satu jenis dari WordPress adalah WordPress.org. WordPress.org merupakan platform source yang tersedia dalam dua versi, yaitu versi gratis dan pro atau berbayar.

Platform ini cocok digunakan untuk berbagai jenis website, seperti blog dan juga website perusahan. Lalu apa saja kelebihan dan kekurangan WordPress.org?

Kelebihan

  • Pengguna memiliki hak penuh untuk mengelola dan mengatur website.
  • Pengguna bisa mengurangi dan menambah fitur sesuai selera.
  • Gratis dan mudah digunakan.
  • Bisa membuat toko online.
  • WordPress jenis ini bisa untuk menghasilkan adsense.

Kekurangan

  • Backup. Kamu harus melakukan backup rutin. Tapi tenang saja, proses backup tersebut akan dimudahkan dengan adanya plugin backup.
  • Update. Pengguna harus melakukan update sendiri, namun prosesnya sangat mudah. Caranya hanya mengklik sekali saja di dashboard admin.
  • Modal. Ya, kamu harus mengeluarkan biaya untuk hosting dan domain sekitar Rp 40.000,- hingga Rp 80.000,- setiap bulannya. Biaya tersebut berbeda tergantung dengan layanan yang kamu gunakan.

2. WordPress.com

Platform ini bisa digunakan untuk membuat blog dan website. Kamu hanya perlu membuat akun di WordPresss.com, setelah itu menentukan subdomain (namawebsite.wordpress.com), memilih template dan artikel sudah bisa diterbitkan.

Ada beberapa paket WordPress.com yang bisa digunakan, yaitu:

1. Gratis (fitur-fitur yang ditawarkan terbatas).
2. Personal (biaya yang dikeluarkan adalah $60/tahun).
3. Premium (pengguna harus mengeluarkan biaya sekitar $132/tahun).
4. Business (biaya sekitar $429/tahun)

Lalu, apa saja kelebihan dan kekurangan WordPress.com?

Kelebihan

  • Gratis. Versi gratis memiliki penyimpanan hingga 3 GB. Kamu bisa beralih ke versi berbayar untuk penyimpanan yang lebih besar.
  • Kamu tak perlu melakukan update. Karena, secara otomatis WordPress.com sudah menanganinya.

Bagi kamu yang ingin mengabadikan cerita seperti artikel harian, platform satu ini adalah pilihan yang tepat.

Kekurangan

Ada beberapa batasan ketika menggunakan WordPress.com. Hal inilah yang membedakannya dengan WordPress.org. Apa saja batasan itu?

  • Muncul iklan dari WordPress saat menggunakan versi gratis. Pastinya iklan tersebut sangat mengganggu aktivitasmu. Pengguna harus upgrade ke layanan berbayar agar tidak ada iklan yang terus muncul.
  • WordPress.com tidak mengijinkan iklan selain WordAds, sehingga platform ini tidak bisa digunakan untuk adsense.
  • Tidak bisa menambahkan plugin.
  • Hanya bisa menggunakan template yang sudah disediakan.
  • Tidak bisa memasang plugin analitik seperti Google Analytics, kecuali menggunakan paket bisnis.
  • Website bisa dihapus sewaktu-waktu jika melanggar syarat dan ketentuan mereka.
  • Terdapat tautan menuju ke WordPress.com, untuk menghilangkannya pengguna harus melakukan upgrade ke paket bisnis.
  • Pengguna tidak bisa menambahkan fitur eCommerce.

Dari perbandingan tersebut, bisa disimpulkan jika WordPress.com memiliki fitur yang terbatas saat kamu menggunakan versi gratis. Jika hanya ingin membuat blog pribadi, WordPress.com adalah pilihan tepat.

Jika kamu ingin mendapatkan fitur yang lengkap, kamu harus melakukan upgrade ke paket bisnis dengan membayar $429/tahun.

Sedangkan WordPress.org dilengkapi dengan fitur lengkap, kamu juga hanya perlu membayar sekitar Rp 600.000,- per tahun.

Baca juga Top 11 Plugin Security WordPress Terbaik!

Blogspot atau WordPress?

blogspot atau wordpress

Setelah mengetahui perbedaan WordPress.org dan WordPress.com kini saatnya membahas materi utama, yaitu perbedaan Blogspot dan WordPress.

Lebih bagus mana ya, Blogspot atau WordPress? Untuk mengetahuinya simak baik-baik pembahasan kali ini!

Catatan: WordPress yang kita bandingkan disini adalah WordPress.org dengan Blogspot (Blogger).

1. Kepemilikan

a. Blogspot (Blogger)

Jika menggunakan platform ini, kamu tak perlu membayar hosting atau media penyimpanan jika penyimpanan di akun Google belum melebihi 15 GB.

Kamu harus membuat akun Google, caranya sama seperti membuat Gmail. Bedanya, saat membuat harus mengakses Blogger.com terlebih dahulu.

Blogspot atau Blogger adalah layanan yang dimiliki Google, sehingga kamu tidak memiliki akses dan kontrol secara penuh. Karena itu, jika kamu dianggap melanggar syarat dan ketentuannya, website bisa dihapus kapanpun.

b. WordPress

Ketika menggunakan WordPress, kamu harus membeli layanan hosting untuk media penyimpanan data. Sebagai pengguna, kamu juga bebas memiliki akses serta kontrol penuh untuk mengelolanya.

2. Tampilan

a. Blogspot (Blogger)

Tampilan default yang disediakan cukup terbatas. Jika ingin mengubah tampilan, kamu harus melalui tools tertentu atau menggunakan layanan pihak ketiga.

Di Indonesia sendiri sudah banyak penyedia template Blogspot premium dengan kualitas baik.

b. WordPress

Salah satu keuntungan menggunakan WordPress adalah banyaknya template yang tersedia secara gratis dengan berbagai tampilan yang menarik. Dengan berbagai pilihan template tersebut, website akan terlihat profesional.

3. Kontrol

a. Blogspot (Blogger)

Kamu tidak memiliki kontrol penuh pada website, selain itu tools yang tersedia juga terbatas. Contohnya, tampilan permalink harus mengikuti permalink default, sehingga strukturnya tidak sesuai dengan yang diinginkan.

b. WordPress

WordPress merupakan software open source, dengan begitu penggunanya bisa menambahkan fitur baru.

Contohnya, kamu ingin membuat toko online yang dilengkapi dengan shopping cart. Caranya, cukup menginstal plugin WooCommerce saja.

Simak juga Top Rekomendasi Hosting Terbaik di Indonesia, Terbaru!

4. Keamanan

a. Blogspot (Blogger)

Salah satu kelebihan Blogspot yaitu website sangat aman karena dikelola oleh Google. Dengan syarat kamu harus menggunakan template default. Kamu juga tidak perlu repot mengelola sumber daya server atau menggunakannya.

b. WordPress

WordPress terkenal sebagai platform yang memiliki tingkat keamanan baik, karena script selalu diperbaharui secara berkala. Dengan akses dan kontrol sepenuhnya dilakukan oleh pengguna, kamu harus selalu melakukan backup sendiri.

Nah, itulah perbedaan WordPress dan Blogspot. Untuk menentukan manakah yang terbaik diantara Blogspot atau WordPress, sesuaikan dengan kebutuhan kamu ya. Jika ingin memiliki website untuk adsense maka pilihan terbaik adalah WordPress.

Kesimpulan

Nah itulah pembahasan mengenai perbedaan Blogspot dan WordPress. Cara memilih Blogspot atau WordPress adalah dengan mengetahui fitur serta batasan yang disediakan oleh platform tersebut. Selain itu, tergantung dari tujuan kamu membuat website untuk apa.

Harapannya setelah membaca artikel kali ini kamu sudah memahami perbedaan kedua platform tersebut. Dan tidak bingung memilih antara Blogspot atau WordPress. Jika ada pertanyaan jangan ragu untuk menuliskannya di kolom yang sudah tersedia di bawah ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

© Bamaha Digital 2021

Mitra Bisnis Online Anda

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram