Share:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

9+ Tips Jitu Memilih Nama Domain agar Bisnis Cepat Berkembang

Daftar Isi

Memilih nama domain sebelum membangun website merupakan salah satu strategi yang sangat tepat. Karena dengan menentukan nama domain, berarti kamu sedang menentukan alamat bisnis.

Kadang, orang-orang sering menyepelekannya. Namun, apakah kamu mengetahui jika nama domain tersebut juga berpengaruh terhadap kredibilitas, traffic dan brand awareness? Dengan memiliki nama domain yang singkat, padat, jelas dan unik pasti website kalian mudah diingat.

Nah, di artikel kali ini kita akan membahas tips bagaimana cara memilih nama domain, contoh nama domain bisnis dan blog serta ide-ide nama domain yang unik. Penasaran? Langsung simak penjelasan dibawah ini, ya!

10 Strategi Jitu Memilih Nama Domain

memilih nama domain

Dibawah ini adalah 10 tips memilih nama domain yang bisa kamu terapkan. Apa saja?

1. Memilih Nama yang Singkat dan Mudah Diingat

Kamu bebas memilih nama apa saja serta panjang pendeknya nama tersebut. Namun, usahakan jangan terlalu panjang. Sebagai patokan, gunakan nama domain tidak lebih dari 10 karakter.

Karena nama domain yang singkat akan mudah diingat oleh pengunjung website. Contohnya, seperti bamahadigital.com, twitter.com dan facebook.com. Cukup mudah diingat bukan?

Biasanya nama domain yang singkat sering diincar orang lain. Karena itu, kamu harus segera mengamankan ide tersebut begitu menemukannya!

2. Nama Domain Harus Mudah Diketik

Apakah kamu pernah menemui nama domain yang begitu panjang? Contohnya seperti skincare-murah-original-by-lycia66.com. Tak hanya sulit diingat, domain tersebut juga susah diketik. Alasannya karena:

  • Nama terlalu panjang.
  • Ada tanda hubung (-). Orang-orang belum tentu mengetahui jika nama domain kamu menggunakan tanda penghubung.
  • Ada angka. Meskipun penggunaan angka tidak dilarang, namun sebaiknya kamu menghindarinya. Agar orang-orang tidak keliru saat membedakan angka tersebut menggunakan kata “enam” atau huruf “6”.

3. Selipkan Keywords jika Memungkinkan

Pastinya kamu ingin situs website mudah ditemukan oleh Google. Salah satu cara agar Google mudah mengindex situs web adalah dengan menyelipkan kata kunci penting ke dalam nama domain.

Contohnya, bisnis menjual skincare. Kamu bisa menggunakan kata “skincare” sebagai ide nama domain. Jadi domain kamu nanti akan bernama “skncare.co.id” atau “skincareid.com”.

Namun, jika tidak bisa jangan terlalu memaksa ya. Meskipun 63 persen bisnis akan mudah tampil di halaman pertama Google saat menggunakan kata kunci, kamu juga harus mempertimbangkan relevansinya.

4. Menggunakan Nama Brand sebagai Domain

Setiap bisnis harus memiliki brand. Karena dengan brand, bisnis tersebut memiliki identitas, sehingga mampu meningkatkan penjualan.

Lihat saja Coca Cola, pasti kamu langsung memikirkan minuman bersoda bukan? Inilah kekuatan dari brand.

Menariknya, Coca Cola juga menggunakan nama brandnya untuk situs resmi mereka. Dengan begitu, orang-orang pasti akan langsung mengetahui bahwa situs web tersebut merupakan milik Coca Cola.

Kamu bisa membaca 7 Tips dan Cara Meningkatkan Brand Awareness untuk membantu meningkatkan brand kamu!

5. Nama Harus Relevan dengan Bisnis

Meskipun kamu bebas menentukan nama domain, namun sebaiknya daftar nama yang telah kamu siapkan tersebut harus relevan dengan bisnis. Mengapa? Karena kamu tidak bisa mengubah nama domain setelah membelinya.

Contohnya begini, awalnya kamu menjalankan bisnis skincare alami, seperti menjual masker organik. Tapi, tiba-tiba kamu ingin mengubah bisnis dan fokus menjual sabun herbal.

Jika domain sebelumnya bernama “organicmask.com” pastinya tidak relevan dengan bisnis baru yang akan kamu jalankan itu, bukan?

Nah, daripada membeli domain baru dan membangun kredibilitasnya dari nol. Lebih baik menggunakan nama domain yang tidak spesifik dan harus relevan pastinya.

6. Gunakan Ekstensi yang Sesuai

Imbuhan dibelakang domain, seperti .com, .org, maupun .net dinamakan ekstensi domain. Perlu kamu ketahui, ekstensi tersebut memiliki fungsi-fungsi tertentu berdasarkan istilahnya, lho. Contohnya:

  • .me – biasanya digunakan untuk blog pribadi
  • .co – digunakan situs web perusahaan
  • .info – digunakan oleh situs yang bersifat informatif, seperti portal berita
  • .biz – digunakan untuk situs bisnis
  • .org – digunakan untuk situs web lembaga dan organisasi
  • .net – digunakan oleh situs yang berkaitan dengan jaringan dan teknologi

Biasanya domain komersial menggunakan ekstensi .com. karena itulah, tak heran jika mendapatkan domain dengan ekstensi .com sangat sulit.

Kamu bisa mencoba beberapa variasi jika tidak mendapatkan ekstensi .com. Terdapat ekstensi lainnya yang tak kalah populer, seperti .site, .online dan .xyz.

Baca juga 9 Cara Memulai Bisnis Online dengan Mudah bagi Pemula!

7. Cantumkan Nama Daerah jika Perlu

Misalkan, bisnis kamu berada di Madiun dan melayani konsumen di kota tersebut. Kamu bisa menambahkan daerah tersebut ke nama domain kamu. Contohnya, skincaremadiun.com.

8. Pastikan Domain Belum Digunakan Pihak Lain

Disamping semua tips di atas tadi, kamu tidak boleh menggunakan domain yang sudah digunakan situs lain. Tak hanya itu, kamu juga harus menghindari nama domain yang mirip dengan perusahaan atau brand lain.

9. Membeli Beberapa Ekstensi Domain Sekaligus

Lebih baik kamu membeli beberapa ekstensi domain sekaligus agar ketika orang mengetikkan alamat situs dengan eksistensi yang salah, mereka tetap menemukan website kamu.

Simak juga 10 Strategi Jitu Internet Marketing untuk Pemula!

10. Segera Beli Domain yang Telah Ditentukan

Nama domain cepat terjual. Apalagi jika menggunakan eksistensi .com.karena itu kamu harus segera membeli domain begitu menemukan ide nama yang tepat.

Untungnya, Bamaha Digital memberikan layanan konsultasi mengenai daftar nama domain dan ide-ide nama domain unik. Jika kamu membutuhkannya, bisa langsung menghubungi 0822-3427-0717 atau mengunjungi sosial media @bamahadigital.

Kesimpulan

Nah itulah pembahasan mengenai tips-tips memilih nama domain yang tepat.menentukan nama domain dengan benar juga berpengaruh terhadap kredibilitas bisnis kamu, lho!

Jika kamu memiliki pertanyaan mengenai domain, jangan ragu untuk meninggalkan komentar di kolom yang sudah tersedia di bawah, ya guys! Mari kita diskusikan bersama-sama pertanyaan yang kamu ajukan itu!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

© Bamaha Digital 2021

Mitra Bisnis Online Anda

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram