Share:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

10 Strategi Jitu Internet Marketing untuk Pemula

Daftar Isi

Internet marketing adalah ilmu wajib bagi para pemilik bisnis di era digital saat ini. Tanpanya, kamu tak bisa menarik banyak pelanggan dalam waktu singkat. Sehingga bisnis dapat dikalahkan oleh kompetitor.

Sebenarnya apa sih pengertian, keuntungan, manfaat dan contoh internet marketing itu? Tenang saja, pada artikel kali ini kita akan belajar mengenai pemasaran internet dengan jelas dan rinci. Tak usah berlama-lama lagi, langsung simak dibawah!

Pengertian Internet Marketing

Internet marketing merupakan jenis pemasaran yang menggunakan beberapa platform online sebagai sarananya. Contohnya adalah website, email, mesin pencarian hingga media sosial.

Karena menggunakan internet sebagai medianya, jenis pemasaran ini disebut juga online marketing, dengan tujuan yang tak jauh beda dari marketing konvensional.

Tujuan Internet Marketing

Jenis pemasaran ini memiliki dua tujuan, yaitu:

1. Memikat Calon Konsumen

Penggunaan platform online untuk mempromosikan bisnis merupakan cara yang tepat di era digital, dengan mempromosikan bisnis tersebut, tujuan utamanya untuk memikat para calon konsumen agar meningkatkan penjualan produk.

2. Mempertahankan dan Memelihara Hubungan dengan Pelanggan Lama

Mencari pelanggan baru memerlukan biaya yang lebih tinggi, sehingga mempertahankan pelanggan lama bisa menjadi pilihan yang tepat.

Dengan membagikan konten promosi melalui email newsletter misalnya, kamu bisa memberitahukan produk terbaru kepada mereka. Tak hanya itu, kamu juga bisa membagikan konten informatif maupun membuka dialog dengan para pelanggan.

10 Strategi Jitu Internet Marketing yang Diperlukan

Internet marketing terdiri dari beberapa strategi pemasaran dengan sarana yang berbeda beda. Apa saja? Berikut ini 10 trik yang bisa kamu pelajari:

1. Membuat Website

Internet Marketing

Jika mencoba internet marketing, pasti dimulai dengan mempromosikan bisnis di media sosial. Cara tersebut tidaklah salah, apalagi media sosial memang salah satu sarana utama dalam pemasaran online.

Tapi, online presence utama yang perlu dimiliki adalah website. Mengapa? Menurut Verisign, 84% konsumen lebih percaya pada bisnis yang memiliki website. Dari segi fungsi dan manfaatnya, website juga lebih fleksibel. Selain itu, kamu juga bisa membuat situs sesuai kebutuhan.

Contohnya jika ingin membuat butik online, kamu bisa menggunakan situs sebagai etalase. Sama halnya, jika kamu seorang desain grafis atau fotografer. Situs web bisa digunakan sebagai portofolio untuk meletakkan hasil karya kamu.

Lalu apakah membuat website itu susah? Sebenarnya tidak, dengan adanya content management system (CMS) seperti WordPress, tanpa keahlian khusus pun bisa menciptakan dan mengelolanya sendiri.

Untuk mempelajari kiat-kiatnya kamu bisa membaca artikel Cara Membuat Website Gratis di WordPress.

Atau mungkin kamu memilih untuk membeli saja? Di Bamaha Digital ini, kami memberikan layanan website bagi semua orang yang ingin mempelajarinya. Hubungi 0822-3427-0717 atau kunjungi Instagram @bamahadigital agar lebih jelas.

2. Membuat Blog

Internet Marketing

Blog dikenal sebagai sarana membuat jurnal dan untuk hobi saja. Namun sebenarnya platform ini bisa digunakan dalam internet marketing, lho. Dalam dunia pemasaran, memiliki blog bisa memberikan beberapa manfaat untuk bisnis, yaitu:

  • Traffic pengunjung bisa bertambah. Sebuah riset menyatakan bahwa bisnis yang memiliki blog mampu meningkatkan pengunjung sebesar 55%.
  • Mendatangkan leads atau prospek bisnis. Pengunjung blog belum tentu tertarik dengan produk maupun layanan kamu, namun bisa mulai membangun relasi melalui konten yang dibuat di dalam blog tersebut. Jika konten itu bermanfaat bagi mereka, dijamin pengunjung akan tertarik untuk mengikutinya.

Kabar baiknya, membuat blog cukup gampang. Bahkan kamu bisa membuat blog jika sudah memiliki situs web WordPress.

3. Datangkan Traffic dengan SEO

Internet Marketing

Memiliki website dan blog tidaklah cukup. Tanpa link dan tautan, orang-orang tidak bisa mengakses situs tersebut. Agar website dan blog bisa tampil di Google, kamu harus menerapkan SEO atau Search Engine Optimization.

SEO terbagi menjadi dua, yaitu off-page dan on-page SEO. Masing-masing jenis tersebut memiliki berbagai macam teknik. Misalnya on-page SEO adalah teknik optimasi yang dilakukan di dalam halaman website. Contohnya yaitu optimasi keywords dan internal link.

Sedangkan off-page SEO adalah kumpulan teknik optimasi yang dilakukan dari luar halaman website. Contohnya lnk building, listing bisnis hingga share link website dan blog ke media sosial.

Kamu bisa membaca Apa itu SEO? Pengertian SEO,Contoh dan Cara Kerjanya agar lebih jelas.

4. Iklankan Situs dengan SEM

 

Internet Marketing

Apakah kamu pernah mencari sebuah topik di Google dan menemukan tautan dengan label “Iklan” seperti contoh di bawah ini?

Internet Marketing

Ini merupakan hasil optimasi berbayar atau paid search result menggunakan SEM atau Search Engine Marketing. Apakah SEM dan SEO sama? Pada dasarnya SEM dan SEO sama-sama bertujuan untuk menampilkan website dan blog di halaman pertama hasil pencarian.

Namun proses keduanya berbeda. Jika SEO berusaha meningkatkan visibilitas dengan memenuhi berbagai kriteria optimasi, sedangkan SEM tidak meliputi faktor-faktor rumit, namun kamu harus mengeluarkan biaya.

Baca Pengertian SEM, Manfaat, dan Perbedaannya dengan SEO untuk penjelasan yang lebih lengkap.

5. Menerapkan Email Marketing

Internet Marketing

Meskipun dikenal sebagai cara lama, namun sebenarnya email marketing masih efektif untuk melakukan promosi. Meskipun bisa menggunakan email seperti Gmail dan Yahoo, namun lebih baik memanfaatkan platform yang sudah terdedikasi seperti Mailchimp.

Platform trsebut memungknkan kamu mengirim email ke ratusan hingga ribuan penerima sekaligus. Hal ini tidak bisa dilakukan oleh platform email biasa, lho. Jadi pastikan menggunakan platform yang tepat, ya!

Untuk ulasan dan penjelasan yang lebih jelas lagi, kamu bisa membaca Pengertian Email Marketing, Fungsi, Tujuan dan Contohnya, 6 Contoh Newsletter untuk Email Marketing Kamu dan Tutorial dan Cara Menggunakan Mailchimp Terbaru.

6. Melakukan Guest Blogging

Internet Marketing

Kita tadi sudah membahas sedikit tentang off-page SEO. Namun ada aspek penting didalamnya bernama guest blogging yang memerlukan pembahasan sendiri. Guest blogging merupakan aktifitas di mana kamu menulis artikel untuk blog lain.

Apakah ini penting? Bisa dibilang begitu, karena ada dua faktor yang ditentukan Google agar situs bisa muncul di halaman pertama hasil pencarian. Dua faktor tersebut tak lain adalah page authority dan domain authority.

Semakin tinggi angka kedua faktor itu, akan semakin tinggi juga kemungkinan situs bisa tampil di halaman pertama Google. Kamu harus mendapatkan backlink dari situs dan blog lain untuk meningkatkan angka itu.

Backlink adalah tautan website kamu yang diletakkan pada situs lain. Cara untuk mendapatkanya yaitu bertukar dengan pemilik website lain atau melakukan guest blogging. Namun perhatikan page dan domain authority situsnya terlebih dahulu, ya.

Sebenarnya tidak salah jika membidik website yang angkanya rendah, namun mendapatkan backlink dari situs web dan blog ber-authority tinggi akan meningkatkan angka website kamu dengan pesat.

7. Bangun Komunikasi dengan Social Media Marketing

Internet Marketing

Pemasaran melalui sosial media mungkin terlihat sederhana diantara strategi marketing lainnya. Namun kamu tidak boleh melakukannya secara asal-asalan.

Agar bisa memaksimalkan potensi kanal-kanal media sosial untuk pemasaran ada beberapa hal yang harus dilakukan, yaitu:

1. Ketahui Platform yang Digunakan oleh Target Pasar

Mengetahui platform apa saja yang sering digunakan oleh target pasar akan memudahkan kamu memasarkan produk dan mendekati target pasar. Caranya bisa memperhatikan akun bisnis kompetitor yang memiliki banyak audiens.

2. Tentukan Tujuan

Tentukan tujuan dan fokus lah di social media marketing yang dijalankan. Contohnya, ingin menggunakan Instagram untuk mempromosikan bisnis, maka kamu harus memperbanyak konten di dalam platform tersebut.

3. Ketahui Waktu yang Tepat untuk Posting Konten

Keuntungan menggunakan media sosial yaitu adanya komunikasi dua arah secara real time. Contohnya melalui komentar. Pastikan kamu mengetahui kapan target pasar menggunakan media sosialnya.

Misalnya, platform Instagram. Terdapat insight yang bisa digunakan untuk melihat waktu kapan para audiens online.

Nah, jika ingin mempelajari social media marketing lebih dalam, kamu bisa membaca Social Media Marketing, Strategi, Manfaat dan Cara Kerjanya.

8. Memanfaatkan Google Bisnisku

Apakah kamu pernah menemukan listing bisnis dalam hasil pencarian Google seperti gambar berikut ini?

Internet Marketing

Sniper listing tersebut bisa muncul jika bisnis sudah didaftarkan ke Google Bisnisku. Nah, jika memiliki toko, gerai kamu bisa memanfaatkan fitur dari Google ini. Keuntungan yang didapat yaitu kamu bisa menampilkan informasi-informasi penting seperti:

  • Nama bisnis
  • Alamat
  • Nomor telepon
  • Alamat email
  • Alamat website
  • Jam operasional
  • Foto-foto bisnis

Tak hanya itu, dengan mendaftar ke Google Bisnisku, usaha kamu secara otomatis ditampilkan di Google Maps juga. Menarik bukan?

Dengan begitu target pasar atau para konsumen bisa meninggalkan ulasan dan pertanyaan di halaman yang sudah disediakan.

9. Affiliate Marketing

Internet Marketing

Meskipun internet marketing bisa membantu, namun tidak dipungkiri jika melakukan pemasaran secara online tidak semudah yang dibayangkan. Apalagi bisnis masih baru. Untuk mengatasi itu, memanfaatkan affiliate marketing adalah solusi yang tepat.

Apa yang dimaksud affiliate marketing? Affiliate marketing adalah model bisnis dengan sistem membayar komisi untuk jasa seseorang, setelah orang tersebut berhasil menjual barang atau jasa melalui pemasaran di Internet.

Dengan strategi tersebut, kamu bisa memberikan link referral pada anggota afiliasi. Link itu kemudian harus diletakkan pada konten website, blog, video dan media sosial mereka.

Lalu seberapa efektif strategi pemasaran tersebut? Bisa dibilang sangat efektif jika kamu membidik orang-orang yang tepat, contohnya blogger dan Youtuber.

10. Bekerja Sama dengan Influencer

Internet Marketing

Selain melakukan affiliate marketing, kamu juga bisa bekerja sama dengan Influence agar orang-orang terpengaruh sehingga bisa meningkatkan penjualan dan traffic website. Agar tidak salah memilih influencer, berikut ini kategori-kategori yang harus diketahui:

  • Influencer mikro, orang-orang yang memiliki pengikut kurang dari 10 ribu. Kamu bisa bekerja sama dengan mereka jika memiliki target pasar dengan lingkup yang kecil.
  • Influencer makro, yaitu orang-orang dengan jumlah pengikut lebih dari 100 ribu. Bekerja dengan influencer ini bisa memberikan kesan eksklusif pada brand kamu.
  • Influencer premium, yaitu pesohor yang memiliki jutaan pengikut. Influencer ini tentunya memiliki jangkauan pemasaran sangat luas.

Kamu harus berhati-hati, karena saking luasnya jangkauan influencer, bisnis kamu mungkin tidak relevan untuk sebagian audiensnya. Jadi kamu harus memperhatikan dengan betul para pengikutnya.

Manfaat Internet Marketing untuk Bisnis

Ada beberapa manfaat yang didapatkan dari strategi pemasaran internet marketing, apa saja manfaatnya? Di bawah ini lengkap dengan penjelasannya:

1. Jangkauan Lebih Luas

Hampir semua orang menggunakan internet untuk belanja dan berbagai keperluan lainnya. Selain itu, konten di internet bisa diakses selama 24 jam, sehingga dengan pemasaran yang tak terbatas itu bisa membuat brand semakin dikenal orang-orang.

2. Tak Membutuhkan Modal Besar

Beriklan di TV, radio dan media cetak membutuhkan biaya yang tak sedikit. Karena itu, dulu hanya perusahan-perusahaan besar saja yang bisa melakukan promosi dalam skala besar tersebut.

Beda halnya dengan internet marketing, kamu bisa melakukan promosi besar-besaran dengan anggaran yang lebih sedikit dibanding beriklan di Tv, media cetak dan radio. Sehingga bagi bisnis kecil seperti UKM sangatlah membantu.

3. Performa Mudah Diukur

Perbedaan terbesar antara internet marketing dengan pemasaran konvensional yaitu kamu bisa mengukur keefektifan-nya. Jika beriklan di radio, media cetak dan televisi kamu tidak mengetahui seberapa besar pengaruhnya terhadap bisnis.

Namun jika menggunakan pemasaran online, setiap tools atau platform yang digunakan biasanya memiliki fitur analitik sehingga bisa digunakan untuk melihat perkembangan iklan seperti views hingga impressions.

4. Menghasilkan Audiens yang Relevan

Selain mengetahui performanya, menggunakan internet marketing juga bisa menghasilkan audiens yang relevan dan potensial. Jika menggunakan pemasaran konvensional, pengunjung berasal dari semua kalangan.

Berbeda dengan pemasaran internet, target pengunjungnya bisa disesuaikan dengan usia, jenis kelamin hingga hobi mereka. Dengan begitu iklan yang dilakukan akan lebih efektif.

5. Mudah Mendapatkan Leads

Saat menawarkan newsletter kepada pengunjung website, kamu bisa mendapatkan informasi email dan nomor telepon mereka. Hal ini bisa mengubah orang menjadi leads dan menjadikannya target pasar yang potensial.

6. Bisnis Pemasaran Jai Lebih Ringan

Pemasaran dengan internet melalui proses yang lebih sederhana dan mudah, karena itu pastinya kamu sangat terbantu. Contohnya website, para calon konsumen bisa mengaksesnya kapanpun dan dimanapun, sehingga tak perlu melayaninya secara langsung.

Kesimpulan

Nah itulah ulasan mengenai internet marketing. Jika dilihat dari manfaatnya bisa disimpulkan jika salah satu strategi pemasaran satu ini cukup penting ya guys. Apalagi jika diperhatikan, masyarakat di Indonesia kini sudah sangat familiar dengan internet.

Karena itulah kamu harus memanfaatkannya sebaik mungkin untuk mengembangkan bisnis. Dan untuk menambah pengetahuan tentang bisnis kamu bisa membaca 9 Cara Memulai Bisnis Online dengan Mudah bagi Pemula dan Meningkatkan Penjualan dengan Cepat Menggunakan Retargeting Ads.

Jika ada pertanyaan maupun kritik dan saran jangan ragu untuk memberikan komentar di bawah ya! Harapannya kamu lebih paham mengenai internet marketing sehingga bisa langsung mempraktekannya. Terima Kasih, salam sukses Bamaha Digital!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Perusahaan yang bergerak di bidang Website Development dan Digital Marketing sejak 2017. Dengan pengalaman unlimited feature & request, layanan yang Kami berikan adalah sesuai dengan permintaan Anda.

Layanan Kami

0857-3343-3146

Senin - Minggu 08.30 - 21.00 WIB

sales@bamahadigital.com

Informasi via email, kirim email

0857-3343-3146

Chat whatsapp admin

Ponorogo, Jawa Timur

Grand Lawu Residence, A7

© Copyright [year] | BAMAHA DIGITAL | All Rights Reserved

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on linkedin