Share:

Digital Marketing, Trend Strategi Pemasaran Paling Jitu

Daftar Isi

Digital Marketing, istilah yang menjadi trend publik akhir-akhir ini. Pemasaran online sudah menjadi aktivitas wajib bagi para pelaku bisnis, karena cara tersebut terbukti mampu menjangkau konsumen dengan lebih luas, lebih mudah dan lebih cepat tentunya.

Dengan berkembangnya strategy pemasaran ini, maka tak heran jika banyak perusahaan berlomba-lomba mencari kandidat pekerja digital marketer untuk mendukung bisnisnya. Selain itu, jasa digital marketing juga mulai ditawarkan oleh agensi independen.

Jika para pebisnis tidak menerapkannya, bisa-bisa kompetitor berhasil menguasai pasar bagi produk kalian. Para pengembang bisnis maupun digital marketer pemula , wajib mengetahui jenis pemasaran digital ini agar meningkatkan branding dan selling perusahaan.

Jadi, mari kita ketahui pengertian digital marketing terlebih dahulu, kemudian cara kerjanya lalu apa saja yang bisa kamu lakukan lewat strategi marketing satu ini.

Pengertian Digital Marketing

Digital marketing merupakan pemasaran produk ataupun jasa yang dilakukan dengan media digital. Untuk para pemula, pasti kalian bertanya “belajar pemasaran digital ini mulai dari mana sih?” betul kan?

Jika ingin belajar menguasainya sampai mahir, kalian harus mengetahui strategi maupun cara apa saja yang termasuk ke dalam kategorinya. Mari kita ketahui apa saja kategorinya!

Kategori Digital Marketing

Ada 5 kategori yang termasuk ke dalam digital marketing, apa saja? Berikut adalah masing-masing kategori lengkap dengan penjelasannya!

  1. SEO

SEO
Search Engine Optimization

Search Engine Optimization atau SEO merupakan usaha optimasi website agar memperoleh peringkat bagus dari mesin penelusuran, seperti Google. Tujuannya tak lain adalah untuk lebih memudahkan pengguna menemukan website kalian.

Pemasaran digital SEO terbagi menjadi dua, yaitu On Page SEO dan Off Page SEO. Pengembangan website sangat penting karena website adalah representasi utama dari bisnis kamu.

Lebih jelasnya lagi, kamu bisa membaca Apa itu SEO? Pengertian SEO,Contoh dan Cara Kerjanya

  1. SEM

Search Engine Marketing
Search Engine Marketing

Search Engine Marketing atau SEM adalah cara meningkatkan visibilitas website pada halaman hasil pencarian mesin penelusuran, seperti Google. Baca Pengertian SEM, Manfaat, dan Perbedaannya dengan SEO  agar lebih jelas.

  1. Content Marketing

Content Marketing
Content Marketing

 

Content Marketing adalah cara atau teknik pemasaran yang fokus ke pembuatan dan pendistribusian konten. Konten seperti apa? Konten yang sifatnya konsisten dan relevan agar menarik audiens.

Ada beberapa saluran yang bisa kalian pilih untuk menjalankan strategi ini, mulai dari blog, ebook dan infografis. Manfaat dari mengembangkan content marketing adalah meningkatkan brand awareness dan traffic sehingga meningkatkan jumlah customer.

Baca Pengertian Konten Marketing dan Strategi Jitu untuk Memulainya 2021 agar kamu lebih paham.

  1. PPC

Pay Per Click
Pay Per Click

Pay Per Click atau PPC merupakan salah satu cara beriklan di internet yang paling populer, dimana advertiser (pengiklan) hanya membayar jika ada yang menge-klik iklannya.

Contohnya kalian juga bisa memanfaatkan Google Ads, Facebook Ads, Sponsored Messages di LikedIdn atau Twitter Ads.

Kamu bisa membaca Pengertian PPC, Contoh dan Keuntungan dari Penggunaan Pay Per Click yang lebih lengkap.

  1. Email Marketing

Email Marketing
Email Marketing

Strategi pemasaran ini menggunakan email sebagai medianya. Kamu bisa menggunakan email untuk berkomunikasi dengan customer, mempromosikan diskon, event, konten hingga website dari brand kalian. Baca artikel mengenai Pengertian Email Marketing, Fungsi, Tujuan dan Contohnya lebih lengkap.

  1. Metode Lainnya

Selain kelima metode tersebut diatas, sebenarnya ada beberapa metode lain yang bisa juga kalian gunakan. Berikut adalah beberapa cara lain yang tak kalah populer, yaitu:

  •         Strategi Copywriting
  •         Google Bisnisku
  •         WhatsApp Bisnis
  •         Website
  •         Email Bisnis
  •         Digital Marketing Kuliner
  •         Influencer
  •         CTA
  •         Leads
  •         Marketing TOOLS
  •         Social Media Marketing

Cukup banyak ya? Kalian bisa menggunakan beberapa metode, semua cara tersebut diatas memiliki kelebihan masing-masing, jika menggunakan beberapa cara pastinya lebih baik ya guys, karena secara tidak langsung akan menjangkau audiens dengan lebih luas.

Baca Cara Membuat Website Gratis di WordPress 2021 dan Social Media Marketing, Strategi, Manfaat dan Cara Kerjanya untuk mendukung digital marketing yang kamu lakukan.

Dengan begitu, traffic  dan engagement kalian pasti akan meningkat, sehingga bisa meraih peningkatan penjualan. Ada beberapa alasan mengapa digital marketing sangat cocok dilakukan oleh para pebisnis zaman now, berikut adalah alasannya:

  •         Relevan dengan kemajuan zaman
  •         Mengetahui dan mengikuti pasar di bidang online
  •         Menjaga loyalitas customer
  •         Mengenal pelanggan lebih jauh
  •         Mencegah kompetitor meraup pasar
  •         Mengintegrasikan berbagai saluran pemasaran
  •         Memiliki tujuan yang jelas

Kesalahan Digital Marketing

Walaupun sudah banyak yang membuktikan keberhasilannya, masih ada orang-orang yang salah memahami bahkan meremehkan kekuatannya. Berikut adalah 3 kesalahpahaman terhadap metode pemasaran digital!

  1. Tidak Efektif

Masih banyak orang beranggapan bahwa digital marketing tak penting karena tidak efektif menjangkau calon customer.

Faktanya, pemasaran digital tersebut saat ini menjadi kekuatan utama untuk bisa menghubungkan perusahaan dengan masyarakat selama 24 jam.

Citra sebuah perusahaan di internet sangat berpengaruh untuk pertumbuhan bisnis kalian. Sehingga akan membedakannya dengan para kompetitor. Selain itu, kita juga bisa mendapatkan informasi yang dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan bisnis.

  1. Mahal

Kesalahpahaman kedua adalah masih banyaknya masyarakat yang menganggap pemasaran digital cukup mahal untuk digunakan. Sebenarnya biaya yang dikeluarkan itu tergantung pada metode yang dipilih.

Tetapi, penjualan yang meningkat karena penggunaan digital marketing akan membawa keuntungan sehingga menutup biaya pengeluarannya. Banyak perusahaan meningkatkan investasinya, karena potensinya memang sangat besar.

  1. Tidak Memerlukan Keahlian Khusus

Menurut beberapa orang, pemasaran digital tak membutuhkan keahlian khusus dan tidak sesusah menggunakan metode marketing konvensional. Faktanya, tidak semua orang bisa melakukan digital marketing dengan efektif.

Mereka gagal menjangkau target pasar karena menggunakan jasa digital marketing agency yang tidak tepat.

Kesimpulan

Membangun upaya promosi bisnis yang sukses memang tak mudah. Tapi, jika dimulai dengan digital marketing pasti akan jauh lebih baik.

Alasannya karena memiliki banyak sekali pilihan untuk melakukan pemasaran sesuai dengan bisnis yang dijalankan. Bahkan beberapa diantaranya bisa dilakukan tanpa biaya.

Selain itu, kalian juga bisa bekerja dengan cepat dan lebih efektif berkat bantuan marketing tools. Kamu bisa mencoba bisnis online dengan langkah yang tepat dengan membaca di 9 Cara Memulai Bisnis Online dengan Mudah bagi Pemula!

Tentunya hal tersebut tidak akan kalian jumpai pada strategi pemasaran konvensional. Jadi, sudah siapkah kalian memulai strategi digital marketing? Jangan lupa tinggalkan komentar dan share ya, guys.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Perusahaan yang bergerak di bidang Website Development dan Digital Marketing sejak 2017. Dengan pengalaman unlimited feature & request, layanan yang Kami berikan adalah sesuai dengan permintaan Anda.

Layanan Kami

0857-3343-3146

Senin - Minggu 08.30 - 21.00 WIB

sales@bamahadigital.com

Informasi via email, kirim email

0857-3343-3146

Chat whatsapp admin

Ponorogo, Jawa Timur

Grand Lawu Residence, A7

© Copyright 2024 | BAMAHA DIGITAL | All Rights Reserved

Butuh Diskusi Terkait
Digital Marketing?

Dapatkan Konsultasi Gratis & Penawaran Terbaik dari tim kami dengan mengisi form berikut ini: