Share:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

7 Cara Membuat Backlink Berkualitas untuk Website

Daftar Isi

Bagi kamu yang baru membuat website, istilah backlink mungkin masih kurang familiar. Mengapa istilah backlink berkualitas sering muncul di pembahasan SEO? Apakah sepenting itu? Kenapa kita harus memahami backlink dan menerapkannya pada website dan blog?

Lalu bagaimana cara mendapatkan backlink berkualitas? Bagaimana cara membuat backlink untuk website? Apakah backlink ada yang gratis? Semuanya akan kita bahas di artikel kali ini, jadi simak baik-baik ya!

Apa Itu Backlink?

backlink berkualitas

Backlink merupakan sebuah link yang dipasang di situs website maupun blog dan mengarah ke halaman blog atau website kamu. Membangun backlink disebut juga dengan link building. Selain itu ada istilah external link dan inbound link.

Jadi, ada pemberi backlink dan penerima backlink. Kamu adalah pemberi backlink ketika meletakkan link website atau blog orang lain di website kamu. Sedangkan penerima backlink yaitu website yang mendapatkan link dari pemberi backlink.

Sederhana bukan? Meskipun sederhana, backlink memegang peran penting dalam kesuksesan website maupun blog kamu.

Baca Top 11 Plugin Security WordPress Terbaik 2021!

Apakah Backlink Penting?

backlink berkualitas

Agar pertanyaan “apakah backlink penting?” terjawab, di bawah ini beberapa manfaat yang bisa diperoleh dari backlink dan alasan mengapa kamu harus menggunakannya.

1. Google Menemukan Website Melalui Backlink

Jawaban termudah untuk pertanyaan “mengapa backlink penting?” adalah karena Google bisa menemukan halaman baru untuk ditampilkan di hasil pencariannya dengan backlink tersebut.

Mesin pencari Google akan selalu melakukan crawling untuk menemukan halaman mana yang paling relevan dengan keywords tertentu. Seperti ketika manusia menggunakan maps untuk menemukan lokasi-lokasi.

Mesin pencari Google juga menggunakan backlink untuk menemukan halaman baru, melakukan crawling yang kemudian dimasukkan ke indeks Google.

Lokasi yang tidak terhubung dengan lokasi lainnya akan lebih sulit ditemukan, begitu juga dengan halaman website. Halaman website yang tidak mendapat backlink dari website lain akan sulit ditemukan oleh Google.

Semakin banyak backlink yang didapatkan, semakin memudahkan Google untuk menemukan website kamu. Namun, perhatikan kualitas backlink sebelum memilihnya.

2. Berguna untuk Menjaga Reputasi Google

Ketika mencari keywords di Google, Google akan berusaha memberikan hasil pencarian terbaik untuk pencari. Pastinya Google akan mengarahkan ke halaman-halaman website yang populer.

Bagaimana cara Google menilai halaman tersebut populer atau tidak? Jawabannya adalah backlink. Backlink digunakan sebagai indikatornya, sehingga semakin banyak backlink berkualitas mengarah ke website kamu semakin baik juga reputasi website di mata Google.

3. Backlink Relevan Meningkatkan Kredibilitas Website

Sebelumnya kita sudah membahas jika backlink menjadi indikator penting dalam menentukan popularitas sebuah halaman website di Google. Tapi sebenarnya tak hanya backlink berkualitas saja, backlink yang relevan juga sangat berpengaruh, lho.

Backlink relevan merupakan backlink yang didapat dari website atau blog dengan niche yang sama. Misalnya kamu memiliki website dengan tema makanan, maka backlink relevannya adalah website yang membahas seputar makanan juga.

4. Backlink mendatangkan Trafik ke Website

Pada poin sebelumnya sudah dijelaskan jika Google akan mudah menemukan halaman website dengan backlink, hal tersebut secara tidak langsung juga berpengaruh terhadap trafik website kamu, lho.

Baca selengkapnya Tips Meningkatkan Keamanan Website Terbaru!

7 Cara Jitu Mendapatkan Backlink Berkualitas

backlink berkualitas

Backlink berkualitas tidak bisa didapatkan dengan mudah. Cara membangun backlink diawali dengan konten lengkap, unik dan juga solutif. Berikut ini cara mendapatkan backlink berkualitas di website kamu.

1. Bangun Kredibilitas

Website atau blog dengan dengan backlink berkualitas hanya bersedia memberikan backlink mereka ke website dan blog yang memiliki kredibilitas. Jadi pastikan kamu membangun website dengan tujuan jelas, informatif dan desain yang bagus.

2. Konten Harus Lengkap dan Solutif

Konten lengkap dan solutif akan membantu para pengunjung menyelesaikan permasalahan yang dialami. Hal tersebut bisa menaikkan user experience, dan dengan begitu mereka akan selalu merujuk ke website kamu.

3. Buat Konten Unik

Selain lengkap dan solutif, konten yang dibuat juga harus unik. Buatlh konten dengan sudut pandang berbeda. Contohnya melakukan studi kasus mengenai pelanggan atau bisnis kamu. Keunikan konten akan menarik orang lain sehingga mereka akan menanamkan link ke websitenya.

4. Buat Infografik

Biasanya orang malas membaca paragraf panjang. Untuk mengatasinya, kamu bisa memanfaatkan infografik. Jadi buat infografik agar pengunjung tertarik membaca artikel kamu.

5. Gunakan Tools Backlink

Keempat langkah diatas merupakan cara mendapatkan backlink secara manual. Konten bagus, unik, lengkap dan solutif memang menarik orang-orang untuk meletakkan link website kamu ke website mereka.

Namun kamu harus menjemput bola agar mendapatkan backlink berkualitas. Karena websiet atau blog dengan kualitas backlink bagus perlu didekati secara personal, dan setelah itu tanam backlink di sana.

Untuk menemukan website dan blog berkualita kamu membutuhkan bantuan tools seperti Ahrefs. Hingga saat ini Ahrefs merupakan tool terbaik untuk menemukan backlink berkualitas.

Dengan tool tersebut kamu bisa menemukan website berkualitas dengan keywords yang relevan. Selain itu kita juga bisa mengetahui kredibilitas website melalui Domain Rating (DR) dan jumlah trafik yang dihasilkan.

6. Gunakan Content Sharing Platform

Selain membagikan artikel melalui media sosial, membagikan konten di connect sharing platform juga penting. Platform seperti Medium, Kompasiana, Hipwee, Kaskus, Reddit, VIVAlog dan SlideShare bisa kamu manfaatkan untuk menempatkan link website kamu.

Pastikan topik yang dibahas relevan dengan platform tadi. Meskipun bersifat nofollow, namun metode ini bisa diterapkan untuk mempromosikan website kamu.

7. Lakukan Guest Blogging

Guest blogging adalah menulis artikel yang akan diterbitkan di website orang lain. Di dalam artikel itu bisa diletakkan link menuju website kamu. Namun kamu harus memilih website dengan trafik tinggi agar hasil guest blogging terlihat.

Baca juga Plugin WordPress Terbaik yang Wajib Ada di Website Terbaru!

Kriteria dan contoh Backlink Berkualitas

backlink berkualitas

Agar tidak asal-asalan menentukan backlink berkualitas, berikut ini adalah kriteria backlink berkualitas yang bisa kamu jadikan acuan agar tidak merugikan kamu.

1. Relevansi

Seperti yang sudah dijelaskan pada poin sebelumnya, kamu harus mendapatkan backlink yang relevan agar bisa mendapatkan efek positif. Buatlah skala prioritas website potensial untuk ditanami backlink.

Caranya kelompokkan menjadi beberapa bagian website potensial. Contohnya, dari sangat relevan, cukup relevan hingga tidak relevan. Kelompok backlink sangat relevan bisanya website yang mereview produk tertentu.

Misalnya bisnis kamu tentang komputer dan laptop, maka cari website yang khusus mereview komputer dan laptop juga. Di kelompok cukup relevan kamu bisa memperluas kriterianya, yaitu website dengan postingan tentang teknologi.

Lalu apakah bisa menanam backlink website yang tidak relevan dengan bisnis kamu? Jawabannya adalah iya dan tidak. Kamu bisa menanam backlink di website tidak relevan dengan syarat website tersebut harus memiliki trafik super tinggi.

Namun jika website tidak relevan dengan bisnis dan tidak memiliki trafik tinggi sebaiknya tinggalkan saja.

2. Memiliki Pengaruh (Authority)

Selain eleven, website yang dipilih juga harus memiliki kredibilitas. Dengan begitu pengaruhnya pasti akan cukup besar. Kamu bisa menggunakan tool Ahrefs untuk menentukan mana website dengan kredibilitas bagus.

Ahrefs menghitung kredibilitas dari skala 1 sampai 100, semakin tinggi nilai Domain Rating (DR) maka semakin potensial untuk dijadikan backlink.

3. Trafik

Selain DR, jumlah trafik yang dihasilkan sebuah website juga harus diperhatikan. Untuk mengukur trafik tersebut kamu bisa menggunakan Ahrefs. Pastikan website yang akan dipilih memiliki trafik tinggi.

4. Standar Editorial

Perhatikan juga standar editorial konten website yang dipilih. Biasanya website penghasil backlink berkualitas adalah website dengan editorial ketat seperti portal berita.

5. Kualitas Outbound Link

Website yang memiliki backlink berkualitas biasanya memberikan backlink ke website berkualitas juga. Karena itu, perhatikan outbound link dari calon website yang akan ditanami backlink.

Apakah jejak outbound link mereka bagus? Dan apakah mereka memberikan outbound link ke website berkualitas atau tidak?

6. Terindeks Google

Pastikan website yang akan ditanam backlink sudah terindeks oleh Google. Jika tidak terindeks Google, sebaiknya tinggalkan saja. Karena menanam link di website tersebut hanya pekerjaan yang sia-sia.

Untuk melihat apakah website sudah terindeks Google atau belum sangat mudah. Buka Google, lalu ketik “site:contohwebsite.com”. Jika tidak muncul apapun maka tinggalkan website pilihanmu itu.

Kesimpulan

Membuat website dengan backlink berkualitas diperlukan banyak usaha. Sebelum membuat backlink berkualitas, kamu harus membangun pondasi utamanya terlebih dahulu. Pondasi utama tersebut adalah konten yang dibuat untuk website.

Sebanyak apapun backlink yang didapat, jika konten asal-asalan pasti akan sia-sia saja. Selin itu, backlink yang didapat juga harus memenuhi kriteria tertentu agar hasilnya bisa dirasakan.

Karena itulah, selalu lakukan riset terlebih dahulu sebelum menanam backlink menggunakan indikator yang sudah dijelaskan di atas tadi. Dengan begitu backlink akan membuahkan hasil positif di website maupun blog.

Selamat membangun backlink berkualitas, jika memiliki kritik maupun saran jangan ragu untuk menuliskannya di kolom yang sudah tersedia di bawah. Terimakasih dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

© Bamaha Digital 2021

Mitra Bisnis Online Anda

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram