Share:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

Cara Cek DA PA Blog dan Cara Meningkatkannya Terbaru

Daftar Isi

Cara cek DA PA blog maupun website itu sebenarnya mudah. Kegiatan pengecekan tersebut bisa dibilang penting, karena DA (Domain Authority) dan PA (Page Authority) adalah indikator yang berfungsi untuk memudahkan pengguna meninjau performa website secara keseluruhan.

Setelah mengetahui skor DA PA, kamu bisa memiliki peluang untuk meningkatkan ranking website. Namun, bagaimana cara meningkatkan skor DA dan PA? Apa pentingnya melakukan pengecekan untuk keduanya?

Pada artikel kali ini, semua pertanyaan tersebut bisa dijawab kita akan membahas beberapa hal seperti pengertian DA dan Pa, cara cek DA PA, hingga berbagai faktor penentu skor DA PA blog maupun website.

Pengertian Domain Authority (DA) dan Page Authority (PA)

Cara Cek DA PA

Domain Authority (DA) adalah angka atau skor yang dikembangkan oleh checker Moz. Moz merupakan salah satu tools SEO populer untuk memprediksi peluang website muncul di halaman pertama mesin pencarian seperti Google.

Skala tersebut dihitung dari angka 1 hingga 100. Semakin tinggi skor DA suatu website, maka semakin tinggi pula kesempatan website berada di ranking teratas mesin pencari. Tapi bukan berarti DA adalah satu-satunya faktor penentu ranking website.

Skor DA hanyalh prediksi dan bukan ukuran resmi yang digunakan oleh Google. Selai itu, ada juga Page Authority (PA), skor PA juga dikembangkan oleh Moz untuk menunjukkan peluang ranking halaman di mesin pencari juga.

Skala angkanya juga masih sama, yaitu mulai dari 1 hingga 100. Dengan mengetahui skor itu, kamu bisa mengevaluasi konten mana saja yang harus ditingkatkan kualitasnya agar bisa melampaui website milik kompetitor.

Bagaimana Cara Cek DA PA Blog dan Website?

Cara Cek DA PA

Nah untuk mengetahui berapa skor DA PA bisa dibilang mudah. Karena kamu tinggal mengikuti panduan cek DA PA blog dan website, berikuti ini:

  • Kunjungi link tools chceker Moz di https://analytics.moz.com/
  • Masukkan alamat website atau blog di kolom analisis.
  • Setelah itu muncul kolom overview yang berisi skor DA, Linking Domains, Inbound Links dan Ranking Keywords.
  • Jika ingin melihat skor PA, klik Compare Link Profiles yang berada di menu sidebar kiri.
  • Kemudian, klik Exact Page untuk cek DA PA sekaligus.

Faktor Penentu Skor Domain Authority

Cara Cek DA PA

Ada sekitar 40 lebih faktor dari Moz untuk menentukan skor DA pada suatu website. Sedangkan Google memiliki lebih dari 200 faktor untuk menentukan rankingnya.

Lalu, definisi dari setiap skor juga sangat relatif. Tidak ada penjelasan akurat yang menyatakan jika skor 20,30, 50 dan seterusnya itu merupakan skor baik maupun buruk. Terlepas dari 40 skor tadi, ada beberapa faktor penting yang paling berpengaruh, yaitu:

  • Backlink berkualitas. Satu backlink dari website berkualitas jauh lebih baik dari pada backlink dari website berkualitas rendah.Tips mendapatkan backlink berkualitas bisa kamu baca di laman ini.
  • Jumlah referring domain tinggi. Mendapat dua backlink dari dua website berbeda juga bisa menambah skor DA, daripada mendapat banyak backlink dari website yang sama.
  • Kualitas konten. Konten adalah faktor utama dari SERP. Tak heran jika mengapa kualitas konten website juga mempengaruhi skor DA.
  • Social signals. DA menilai popularitas website melalui engagements atau social signals seperti jumlah like, share dan comment.
  • Search Engine Friendliness merupakan kualitas keseluruhan struktur website. Faktor ini penting dalam skor DA, karena tool ini menilai apakah sebuah website tersebut bersifat user friendly atau tidak.

Setelah mengetahui beberapa faktor DA paling berpengaruh diatas, mungkin akan muncul pertanyaan seperti “Apakah Pentingnya Domain Authority untuk website?”

Bisa dibilang penting, karena Domain Authority (DA) diciptakan sebagai angka perbandingan antara kualitas website kamu dengan website kompetitor. Artinya, jika skor DA lebih rendah, gunakan hasilnya untuk evaluasi agar kualitas website bisa ditingkatkan.

Lakukan analisis dari semua sisi. Misalnya dari sisi inbound links, backlinks, kecepatan website, CTR hingga popularitas domain. Jika kualitas website semakin meningkat, peluang untuk muncul di halaman pertama mesin pencari juga semakin besar.

10 Tips Meningkatkan Domain Authority (DA) dan Page Authority (PA)

Cara Cek DA PA

Memang tidak mudah menaikkan skor DA dan Pa dalam waktu singkat. Karena persaingan SERP Google memang sulit diprediksi dan kompetitif. Cara terbaik yang bisa dilakukan adalah selalu mengupdate SEO, baik off-page maupun SEO on-page nya.

Berikut ini tips-tips untuk meningkatkan skor DA dan PA pada website, apa saja? Berikut ini penjelasannya:

1. Optimasi SEO On-Page

Optimasi SEO on-page adalah fondasi untuk memiliki website yang berkualitas. Dan juga menjadi pendukung Google untuk meletakkan domain berada di posisi atas mesin pencari. Berikut ini faktor apa saja yang mempengaruhi:

  • Update konten berkualitas dan bermanfaat bagi pengguna.
  • Optimasi judul seperti meta tags, meta title dan description.
  • Headings dan subheadings harus terstruktur pada setiap konten.
  • Penggunaan keyword harus senatural mungkin dan hindari keywords stuffing.
  • Optimasi video, foto dan media lainnya.
  • Tambah internal links ke halaman lain.
  • Permalink sederhana.

2. Optimasi SEO OFF-Page

Melakukan optimasi SEO on-page saja tidaklah cukup, sehingga optimasi off-page juga harus dilakukan. Sebenarnya SEO off-page memiliki faktor lainnya dan tidak melulu berkutat pada link building saja.

Link building merupakan cara mendapatkan backlink. Sederhananya, website lain mengarahkan link ke website kamu. Untuk lebih jelasnya kamu bisa membaca 6 Teknik Ampuh Mengoptimalkan SEO Off Page Terbaru agar bisa mempelajari tipsnya.

3. Optimasi Technical SEO

Technical SEO adalah pondasi dari keberhasilan SEO on page dan off page. Secara umum, technical SEO mengacu pada struktur dasar website. Jika struktur website kamu sudah rapi, maka secara otomatis bot mesin pencari akan lebih mudah meng-crawling website kamu.

Crawling adalah proses mengindeks website untuk menunjang visibilitas website di mesin pencari. Jadi, ketika audiens memasukkan kata kunci tertentu yang berkaitan dengan konten kamu, maka halaman website kamu akan tampil di mesin pencari.

Berikut ini beberapa aspek technical SEO yang begitu penting dan cukup berpengaruh pada DA dan ranking, apa saja:

1. Daftarkan Website ke Google Search Console

Google Search Console merupakan salah satu tools gratis dari Google yang memungkinkan kamu mengirim situs web ke mesin pencari agar bisa di indeks.

Saat website sudah siap untuk meluncur, kamu harus mengirimkan sitemap XML ke Google Search Console agar mudah di crawling sehingga bisa tampil di hasil pencarian.

2. Buat Sitemap XML

Seperti yang sudah kita singgung pada poin nomor satu tadi, kamu perlu mengirimkan sitemap XML ke Google Console. Sitemap XML adalah daftar halaman website berformat XML yang bisa dibaca oleh mesin pencari untuk diakses pengguna.

Kamu bisa membaca selengkapnya mengenai sitemap di Cara Membuat Sitemap WordPress, Gampang Banget.

3. Atasi Masalah Duplikat Konten

Konten yang serupa disebut dengan duplikat konten. Duplikat tersebut harus dihindari karena bisa membuat mesin pencari kebingungan menentukan mana konten yang harus dinaikkan peringkatnya.

Kamu tak perlu memblokir atau menghapusnya, untuk mengatasi itu bisa dengan membuat canonical link untuk membedakan mana konten asli dan mana yang ingin ditingkatkan.

4. Pasang Secure Sockets Layer (SSL)

Mesin pencari pasti ingin membuat penggunanya selalu merasa aman ketika mengakses website. Itulah mengapa kamu harus memasang SSL. Secure Sockets Layer adalah sertifikasi keamanan website yang ditandai dengan perubahan pada URL.

Perubahan yang sangat jelas bisa dilihat dari penambahan huruf “S” di akhir URL. Sebelum memasang SSL tampilan URL yaitu “HTTP”, dan sesudah memasang SSL URL berubah menjadi “HTTPS”.

Kamu bisa membaca artikel Cara Mendapatkan Sertifikat SSL Gratis untuk mengetahui cara memasang SSL di website.

5. Aktifkan Google Map

Accelerate Mobile Pages atau AMP adalah teknologi mempercepat loading halaman website di perangkat mobile. Tools tersebut bekerja dengan tiga komponen yaitu AMP HTML, AMP JavaScript dan AMP Cache.

Masing-masing memiliki peran untuk menekan faktor-faktor yang membuat loading website menjadi lambat. Namun, AMP hanya bisa diaktifkan di beberapa jenis konten aja. Khususnya konten statis seperti artikel dan berita.

Meskipun begitu, fungsinya cukup penting untuk meningkatkan performa SEO secara keseluruhan. Dengan load website yang cepat, kemungkinan besar pengunjung membaca dan membagikan konten juga semakin meningkat.

4. Buat Website Mobile-Friendly

Memiliki website yang mobile-friendly bukanlah pilihan, namun suatu keharusan. Mengapa bisa begitu? Berikut ini alasannya:

  • Jumlah pengguna yang mengakses internet dari mobile lebih besar daripada menggunakan desktop.
  • Google memprioritaskan indexing website versi mobile. Jadi akan sulit bagi website yang tidak mobile-friendly.
  • Mempengaruhi ranking di mesin pencari.
  • Website yang tidak mobile-friendly berdampak pada skor DA.

Ada banyak cara untuk membuat website agar mobile-friendly. Seperti memilih tema, penggunaan font, mengoptimasi gambar dan mengurangi pop-up.

5. Tingkatkan Kecepatan Halaman Website

Salah satu penentu ranking di Google adalah kecepatan halaman website. Faktor ni diterapkan oleh Google sejak tahun 2010 lalu. Untuk mengecek kecepatan website, kamu bisa menggunakan tools dari Google yaitu PageSpeed Insights tool.

Hanya dengan menaruh link website ataupun blog dianalisis box, PageSpeed Insights akan menampilkan hasil audit dari kecepatan website. Dari hasil audit itu, kamu bisa mendapat insight apa saja yang harus dilakukan agar loading website bisa meningkat.

Namun terkadang, ada beberapa teknis yang sulit untuk ditangani sendiri sehingga membutuhkan bantuan developer. Jika tidak memilikinya, kamu bisa melakukan beberapa hal seperti berikut ini:

  • Menghapus plugin yang tidak penting.
  • Upgrade WordPress dan plugins yang diperlukan.
  • Hubungi layanan hosting kamu dan minta laporan server performancenya.
  • Gunakan plugin cache.
  • Optimasi ukuran media seperti gambar dan video.
  • Gunakan Content Delivery Network (CDN) jika kamu memiliki file CSS yang besar dan banyak penggunaaan media.

6. Tingkatkan Social Signals

Social signals mengindikasikan jumlah likes, share dan visibilitas media sosial di suatu website. Itulah faktor-faktor penting dalam menaikkan ranking, traffic organic dna jumlah backlinks.

Dengan volume social signals yang tinggi, mesin pencari akan menilai website memiliki konten yang berkualitas dan juga bermanfaat.

Kamu bisa mencoba strategi seperti memposting konten di berbagai platform sosial media, menggunakan foto atau video yang menarik, membuat konteks dan giveaway, hingga bekerja sama dengan influencer.

7. Lakukan Riset Konten Kompetitor

Sebelum membuat konten, ada baiknya jika melakukan riset konten milik kompetitor dengan topik serupa. Contohnya kamu ingin menulis artikel mengenai “plugin keamanan terbaik”.

Kamu bisa memasukkan keyword tersebut di mesin pencari dan menganalisis konten-konten yang muncul di peringkat tiga besar.

Cari tahu keywords apa saja yang digunakan, isi dari setiap headings dan subheadings, jumlah kata, panjang konten dan sumber apa saja yang digunakan. Setelah itu kamu bisa fokus membuat konten.

8. Bangun Backlinks Berkualitas

Tak hanya meningkatkan skor DA saja, backlinks juga mempengaruhi skor PA. Pastikan backlink bukan datang dari website al-aslan, popularitas website juga harus diperhitungkan agar mendapat backlinks berkualitas.

Kamu bisa membaca selengkapnya di 7 Cara Membuat Backlink Berkualitas untuk Website agar memahami kiat-kiatnya.

9. Buat Konten yang Mudah Dibaca

Selain mengutamakan ii konten, format penulisan juga sangat penting. Hal ini bisa membuat pengunjung betah berlama-lama di halaman website kamu. Penulisan dan struktur yang tertata rapi juga meningkatkan skor PA.

Mulai dengan menciptakan halaman yang mobile-friendly kemudian perhatikan beberapa aspek lainnya, seperti:

  • Buat headings dan subheading terstruktur.
  • Tambahkan bullet points atau numbered list agar memudahkan pembaca ketika melakukan skimming konten.
  • Buat white space antar paragraf agar tidak terlihat penuh.
  • Gunakan jenis dan ukuran font yang nyaman dilihat.
  • Bold setiap kalimat penting agar mudah diingat pembaca.

10. Buat Konten Baru Secara Rutin

Membuat konten-konten fresh secara rutin adalah langkah terakhir yang tak boleh dilewatkan. Tak hanya meningkatkan skor PA saja, namun juga mendorong kenaikan trafik, popularitas, mudah terindeks hingga meningkatkan performa SEO secara keseluruhan.

Jangan lupa untuk rutin mengupdate konten-konten lama,seperti memperpanjang isi artikel, menambah keywords baru ataupun menambah internal link.

Kesimpulan

Sangat disarankan untuk rutin cek DA PA blog atau website secara rutin. Hal tersebut dilakukan agar kamu mengetahui perkembangan website.

Tapi, jangan terlalu terobsesi dengan skor keduanya. Seperti yang sudah dijelaskan tadi, domain page authority hanyalah sebuah angka untuk membantu kamu membandingkan kualitas suatu website dengan website lainnya.

Sempatkan untuk menulis komentar dan jangan lupa share ke media sosial kalian ya. Terimakasih dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Perusahaan yang bergerak di bidang Website Development dan Digital Marketing sejak 2017. Dengan pengalaman unlimited feature & request, layanan yang Kami berikan adalah sesuai dengan permintaan Anda.

Layanan Kami

0857-3343-3146

Senin - Minggu 08.30 - 21.00 WIB

sales@bamahadigital.com

Informasi via email, kirim email

0857-3343-3146

Chat whatsapp admin

Ponorogo, Jawa Timur

Grand Lawu Residence, A7

© Copyright [year] | BAMAHA DIGITAL | All Rights Reserved

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on linkedin