Share:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

Ketahui Apa Saja Perbedaan Hosting, Server dan Domain

Daftar Isi

Sebagai ketiga hal yang saling berhubungan di website, mengetahui perbedaan hosting, server, dan domain adalah suatu keharusan. Agar kamu tak salah paham mengenai fungsi dari ketiga istilah tersebut.

Nah, untuk mengetahui perbedaan ketiga hal tersebut kamu bisa menyimak artikel ini sampai selesai. So, jangan sampai melewatkan pembahasan penting ini ya!

Perbedaan Hosting, Server dan Domain

Hosting, server dan domain memang saling berkaitan, agar pengertiannya tidak tertukar kita akan membahasnya satu per satu di bawah ini.

Hosting

perbedaan hosting, server dan domain

Hosting adalah tempat menyimpan data yang ada di suatu website. Data hosting tersebut disimpan dalam sebuah server.

Meskipun sama-sama menampung data, perbedaan antara server dan hosting adalah server memiliki RAM, hard disk hingga prosesor dengan bentuk dan ukuran yang bisa disesuaikan.

Terdapat beberapa hosting yang harus kamu ketahui, apa saja?

1. Shared Hosting

Shared hosting merupakan jenis hosting dengan harga terjangkau yang bisa digunakan oleh beberapa website sekaligus.

Artinya, hosting ini berada di server yang juga digunakan oleh orang lain. Sehingga kecepatan website terbagi-bagi dengan pengguna lainnya.

2. Cloud Hosting

Cloud hosting merupakan layanan hosting yang disimpan pada server dan terhubung melalui internet.

Karena itu, jumlah server bisa lebih dari satu. Sehingga saat terjadi suatu problem, server lain yang terhubung dengan internet bisa menjadi cadangan.

Saat menyewa layanan hosting, kamu akan mendapatkan jasa penyimpanan data yang bisa digunakan untuk website.

Baca Top Rekomendasi Hosting Terbaik di Indonesia, Terbaru agar bisa dijadikan referensi.

Server

perbedaan hosting, server dan domain

Server adalah sistem yang menyediakan layanan dalam satu jaringan. Fungsinya untuk menjalankan perangkat lunak yang mengatur akses ke dalam jaringan dan sumber daya di dalam jaringan tersebut.

Server harus disimpan di data center dengan fasilitas lengkap supaya bisa bekerja secara maksimal saat diakses dari seluruh dunia.

Cara kerjanya yaitu, saat user mengakses suatu informasi, server akan memberikan informasi relevan sesuai yang diinginkan user tersebut.

Domain

perbedaan hosting, server dan domain

Domain adalah nama yang ditentukan dan diatur oleh pengelola nama domain. Di Indonesia sendiri, nama domain diatur oleh Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI).

Kita ibaratkan website sebagai rumah, maka domain adalah alamat rumah tersebut. Tanpa adanya hosting atau web hosting, website tidak bisa online di Internet. Jadi, bisa disimpulkan jika domain dan hosting tak bisa lepas satu sama lain.

Pertanyaan Umum

Setelah mengetahui perbedaan hosting, server dan domain, berikut ini beberapa pertanyaan yang sering diajukan untuk membantu memahami ketiga perbedaan tersebut.

1. Apa Itu Hosting Domain?

Hosting domain merupakan layanan yang menghosting domain website kamu. Penyedia hosting menawarkan domain dengan biaya bervariasi, pastikan memilih layanan hosting yang tepat dan sesuaikan dengan kebutuhan kamu, ya.

2. Apakah tetap Memerlukan Domain Jika sudah memiliki Web Hosting?

Tergantung, namun biasanya jawabannya adalah “Iya”. Beberapa provider web hosting memberikan nama subdomain gratis. Namun, subdomain tersebut tidak akan memberikan kesan profesional pada website kamu.

Memiliki nama domain sendiri akan membuat website terlihat lebih profesional. Selain itu, pengunjung juga akan lebih mudah mengingat nama website kamu.

Kesimpulan

Nah, itulah pembahasan mengenai perbedaan hosting, server dan domain. Setelah membaca artikel kali ini, harapannya kamu bisa memahami pengertian dan mengetahui perbedaan ketiga hal tersebut.

Jika ada pertanyaan jangan ragu untuk meninggalkan di kolom yang sudah tersedia di bawah. Terimakasih dan sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

© Bamaha Digital 2021

Mitra Bisnis Online Anda

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram