Share:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

Rekomendasi 6 Layanan Payment Gateway di Indonesia

Daftar Isi

Apa yang muncul di benak kalian saat mendengar istilah payment gateway? Istilah tersebut sudah cukup familiar di era modern seperti saat ini.

Sebenarnya apa yang dimaksud dengan payment gateway? Dan bagaimana cara kerjanya? Nah, di artikel kali ini kita akan membahas materi tentang payment gateway lengkap dengan contohnya. Penasaran? Simak artikel ini sampai selesai ya!

Pengertian Payment Gateway

Payment gateway

Payment gateway merupakan aplikasi yang mengesahkan pembayaran untuk bisnis online, elektronik dan sebagainya.

Sistemnya mengenkripsi informasi rahasia seperti nomor kartu debit dan kredit agar pengguna yakin bahwa data yang dikirim keamanannya terjamin.

Di Indonesia sendiri, aplikasi pembayaran ini sudah mulai berjamuran. Karena memang bisnis online juga sudah cukup berkembang. Lalu apa saja layanan yang bisa kamu gunakan? Kita akan membahasnya pada poin berikutnya.

Baca juga Blogspot atau WordPress? Mana yang Terbaik? Ini Perbandingannya!

Cara Kerja Payment Gateway

Payment gateway

Sebelum ke pembahasan apa saja layanan pembayaran yang bisa digunakan, ada baiknya jika kamu mengetahui cara kerjanya terlebih dahulu. Berikut ini adalah mekanisme cara kerjanya, yaitu:

  • Saat pengguna akan membayar melalui sistem pembayaran gateway, layanan yang digunakan akan melanjutkan informasi pembelian ke payment processor dari bank penerbit.
  • Kemudian payment processor akan meneruskan transaksi ke asosiasi penerbit kartu yang digunakan pengguna untuk melakukan pembayaran. Contohnya Visa dan Mastercard.
  • Selanjutnya, bank penerbit kartu tersebut akan mendapatkan permintaan pembayaran dan mengirimkan balasan ke prosesor dengan kode tertentu, sekaligus menyampaikan notifikasi atas berhasilnya transaksi yang dilakukan.

Perlu kamu ketahui, proses pembayaran tersebut sangatlah cepat. Sehingga kamu tak perlu khawatir jika menggunakan layanan pembayaran akan membutuhkan waktu lama. Justru, bisa dibilang sangat efisien.

Simak juga 7+ Tips Emotional Marketing untuk Kesuksesan Bisnis!

6 Layanan Payment Gateway di Indonesia

Nah, kita sudah sampai di pembahasan utama. Berikut ini adalah 6 rekomendasi layanan payment gateway yang bisa kamu gunakan. Apa saja?

1. Faspay

Payment gateway

Layanan ini memungkinkan bisnis kamu menerima pembayaran secara online dengan pilihan debet atau kredit, akun virtual, internet banking hingga e-wallet.

Selain itu, jika bermitra dengan Bank dan Telco terkemuka di Indonesia, kamu akan mendapatkan keuntungan berupa dapat menerima pembayaran dari 120 Bank Nasional.

Salah satu kemudahan yang ditawarkan yaitu, Faspay Billing. Di fitur tersebut, kamu bisa membuat dan memproses data transaksi penagihan.

2. Midtrans

Payment gateway

Layanan pembayaran gateway satu ini fokus melayani pasar e-commerce Indonesia. Layanannya mencakup transfer bank, kartu kredit, Indomaret, e-wallet, internet banking dan metode pembayaran lainnya.

3. DOKU

Payment gateway

DOKU merupakan salah satu solusi pembayaran elektronik yang menawarkan pilihan pembayaran baru kepada penggunanya. Kamu sebagai pengguna bisa memilih beberapa opsi tersebut, diantaranya:

  • DOKU E-Wallet
  • Internet Banking
  • Transfer bank
  • Toko serba ada, seperti AlfaMart, Indomart dan sebagainya.

Untuk fitur transfer bank dan toko serba ada merupakan opsi pembayaran yang bersifat tertahan atau on-hold. Karena itu, kamu memerlukan kode pembayaran yang ada di halaman konfirmasi pemesanan atau email konfirmasi pemesanan tertahan.

Setelah membuat pesanan, kamu memiliki jangka waktu jam untuk melakukan pembayaran. Jika tidak ada tindakan lanjutan, pesanan akan dibatalkan secara otomatis.

4. Espay

Payment gateway

Espay menawarkan pembayaran online dengan konsep business to consumer to business. Tanda terima yang disediakan bisa menggunakan kartu kredit, outlet, bank dan agen tunai.

Selain bisa melakukan pembayaran di situs web atau e-commerce, Espa juga menawarkan portal bernama Kasir.ID dan Tagih.ID.

Fungsi dari Tagih.ID yaitu menagih dan membayar faktur elektronik dengan berbagai saluran untuk menerima pembayaran real-time dan rekonsiliasi.

Sedangkan Kasir.ID merupakan fitur untuk menerima pembayaran serta rekonsiliasi usaha mikro dan menengah.

Kamu juga bisa membaca Pengertian Copywriting dan 6 Cara Membuatnya Terbaru!

5. Xendit

Payment gateway

Xendit memungkinkan penggunanya mengirim serta menerima uang dengan cara sederhana. Setiap transaksi yang terjadi juga mudah direkonsiliasi dan dicatat secara otomatis. Berikut ini adalah fitur-fitur yang ditawarkan:

  • Menerima pembayaran kartu kredit di seluruh dunia.
  • Akun virtual di bank-bank besar, seperti BNI, Mandiri dan BNI.
  • Pengguna dapat menerima notifikasi dengan cepat.
  • Layanan call back, sehingga platform tahu kapan faktur harus dibayar.
  • Mengirim uang secara instan ke 140 lebih bank di Indonesia.
  • Transfer otomatis dengan CSV atau API melalui interface.
  • Biaya transfer ke semua bank rendah.

6. iPaymu

Payment gateway

iPaymu merupakan salah satu dari sekian banyaknya layanan payment gateway yang memungkinkan penggunanya untuk melakukan transaksi melalui internet dari 137 bank di Indonesia dan layanan POS Indonesia.

Layanan ini tergolong mudah digunakan, karena menggunakan bahasa yang mudah dipahami dan tak perlu belajar tentang pemrograman untuk memiliki layanan ini.

Sekedar informasi, iPaymu juga telah bekerja sama dengan PayPal, lho. Seperti yang kita ketahui, PayPal merupakan layanan pembayaran terpopuler di dunia.

Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap, seperti bagaimana cara membuat payment gateway di layanan tersebut kamu bisa langsung mengunjungi situs resmi mereka.

Kesimpulan

Nah itulah pembahasan mengenai apa itu payment gateway. Pembayaran secara online ini akan memudahkan penggunanya saat melakukan transaksi. Kamu tak perlu khawatir karena data-data yang diminta akan tersimpan dengan aman.

Jika memiliki pertanyaan, jangan ragu untuk meninggalkan komentar di kolom yang sudah tersedia di bawah, ya! Agar kita dapat berdiskusi bersama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

© Bamaha Digital 2021

Mitra Bisnis Online Anda

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram