Share:

Waspada! Modus Baru Penipuan Pakai Kode QR, Rekening Bisa Ludes

Daftar Isi

Di era digital ini, kemudahan dalam bertransaksi online sering disalahgunakan oleh para oknum tidak bertanggung jawab. Salah satu modus penipuan yang marak terjadi baru-baru ini adalah penipuan menggunakan kode QR.

Modus ini, yang dikenal dengan istilah “quishing”, memanfaatkan kode QR untuk mengelabui korban agar mengarahkan mereka ke situs web palsu yang menyerupai situs resmi lembaga keuangan atau platform online terpercaya.

Dampak Penipuan Quishing Terhadap Pengguna Smartphone dan Internet Banking:

Menurut data Bamaha Digital, platform edukasi literasi digital, telah terjadi peningkatan signifikan kasus penipuan quishing dalam beberapa bulan terakhir. Korban penipuan ini umumnya adalah pengguna smartphone dan internet banking yang kurang waspada dan mudah tergoda dengan iming-iming penawaran menarik atau informasi yang disebarluaskan melalui kode QR.

Dampak Negatif Penipuan Quishing:

  • Kehilangan finansial: Korban penipuan quishing dapat kehilangan uang dalam jumlah besar karena data pribadi dan perbankan mereka dicuri oleh pelaku.
  • Kerusakan reputasi: Bagi institusi keuangan dan lembaga pemerintah, penipuan quishing dapat merusak reputasi dan kepercayaan publik.
  • Gangguan keamanan siber: Penipuan quishing dapat menjadi celah bagi para peretas untuk melakukan serangan siber dan mencuri data penting.

Bagaimana Menghindari Penipuan Quishing?

Untuk menghindari menjadi korban penipuan quishing, berikut beberapa langkah yang dapat dilakukan:

  • Jangan sembarangan memindai kode QR: Pastikan kode QR berasal dari sumber terpercaya. Hindari memindai kode QR yang ditempel di tempat umum atau yang diberikan oleh orang asing.
  • Periksa situs web dengan cermat: Jika diarahkan ke suatu situs web setelah memindai kode QR, periksa alamat situs web dengan cermat. Pastikan alamat situs web sama persis dengan situs web resmi lembaga keuangan atau platform online yang dituju.
  • Jangan masukkan data pribadi atau perbankan: Jangan pernah memasukkan data pribadi atau perbankan, seperti nomor PIN, password, atau OTP, ke dalam situs web yang tidak dikenal atau mencurigakan.
  • Laporkan penipuan: Jika Anda menemukan kode QR yang mencurigakan, laporkan kepada pihak berwajib atau lembaga terkait.

Bamaha Digital: Meningkatkan Kesadaran Masyarakat dan Mencegah Penipuan Quishing

Bamaha Digital, sebagai platform edukasi literasi digital, berkomitmen untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang modus penipuan online, termasuk penipuan quishing. Bamaha Digital menyediakan berbagai edukasi dan pelatihan tentang keamanan siber, perlindungan data pribadi, dan literasi digital untuk membantu masyarakat terhindar dari penipuan online.

Mari bersama-sama kita lawan penipuan quishing dengan meningkatkan kewaspadaan dan pengetahuan tentang keamanan siber.

Apakah Anda pernah menemukan kode QR yang mencurigakan? Bagikan pengalaman Anda di kolom komentar!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Perusahaan yang bergerak di bidang Website Development dan Digital Marketing sejak 2017. Dengan pengalaman unlimited feature & request, layanan yang Kami berikan adalah sesuai dengan permintaan Anda.

Layanan Kami

0857-3343-3146

Senin - Minggu 08.30 - 21.00 WIB

sales@bamahadigital.com

Informasi via email, kirim email

0857-3343-3146

Chat whatsapp admin

Ponorogo, Jawa Timur

Grand Lawu Residence, A7

© Copyright 2024 | BAMAHA DIGITAL | All Rights Reserved

Butuh Diskusi Terkait
Digital Marketing?

Dapatkan Konsultasi Gratis & Penawaran Terbaik dari tim kami dengan mengisi form berikut ini: