Share:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

Top 7+ Rekomendasi Plugin Booking WordPress Terbaik

Daftar Isi

Bagi kamu yang ingin membangun sebuah bisnis seperti travel, menyediakan tiket pesawat, rental mobil dan sebagainya, bisa memanfaatkan plugin booking WordPress.

Plugin booking tersebut dapat digunakan untuk reservasi, sehingga mampu mendukung bisnis sepenuhnya. Biasanya plugin booking akan dilengkapi fitur-fitur seperti sistem pembayaran online, memesan tempat dan ketersediaan tempat, barang maupun jasa.

Di artikel kali ini, materi pembahasan kita adalah plugin booking WordPress. Mulai dari pengertian, cara membuat booking WordPress hingga rekomendasi plugin booking terbaik yang bisa kamu jadikan referensi.

8 Rekomendasi Plugin Booking WordPress

Dibawah ini adalah beberapa rekomendasi plugin booking WordPress yang bisa dijadikan referensi. Sebelum membahasnya, kita akan mengelompokan menjadi dua, yaitu plugin booking versi gratis dan premium. Penasaran? Langsung saja simak penjelasan dibawah ini!

Plugin Booking WordPress Gratis

Ada beberapa rekomendasi plugin gratis dengan fitur-fitur berguna, yaitu:

1. Bookly

plugin booking wordpress

Plugin reservasi dengan versi gratis ini juga tersedia versi premium juga. Ada beberapa hal yang membuat Bookly menjadi populer, yaitu:

  • Mendukung WPML plugin, sehingga penggunanya bisa menerjemahkan user interface dan pemberitahuan ke lebih dari 40 bahasa asing.
  • Formulir reservasi bisa dikustomisasi. Fitur ini akan memungkinkan kamu mengklasifikasikan reservasi ke dalam beberapa kategori berbeda dan menugaskan karyawan berbeda juga untuk setiap kategori tersebut.
  • Tidak ada input data yang membludak, dan proses reservasinya juga relatif cepat.

2. WP Simple Booking Calendar

plugin booking wordpress

WP Simple Booking Calendar berfokus pada fungsinya, yaitu membuat kalender pemberitahuan. Pengunjung dapat memeriksa kapan kamu memiliki waktu luang dan membuat reservasi langsung dengan sederhana.

Plugin reservasi satu ini sangat cocok untuk bisnis guest house, bed and breakfast dan hotels. Kamu juga bisa meng-upgrade plugin versi premium untuk mendapatkan fitur lebih lengkap.

Berikut ini adalah fitur-fitur yang bisa kamu dapatkan:

  • Sinkronisasi aplikasi, yaitu menghubungkan kalender pribadi ke platform lainnya seperti Google Calendar, Airbnb dan lainnya.
  • Mengedit dengan mudah. Kamu bisa memilih beberapa tanggal dengan sekali klik.
  • Kustomisasi catatan kalender. Yaitu semua catatan yang terletak di atas tanggal bisa dikustomisasi agar setiap tanggal memiliki keterangan.

3. Appointment Calendar

plugin booking wordpress

Plugin ini menyediakan fitur reservasi yang rapi dan ringkas. Kamu hanya perlu meng-unzip file dan mengupload ke direktori plugin WordPress.

Appointment Calendar cocok untuk pengacara, dokter dan hairdresser. Berikut ini keuntungan yang diperoleh, yaitu:

  • Memasukkan kalender reservasi ke halaman website.
  • Membuat dan mengelola reservasi melalui admin interface.
  • Memblokir slot waku untuk acara tertentu.
  • Mendapat pemberitahuan email tentang reservasi.
  • Mengekspor daftar janji reservasi dalam bentuk file .csv.

4. Booking Calendar

plugin booking wordpress

Salah satu pionir plugin booking ini telah didownload lebih dari 1 juta kali sejak pertama kali diluncurkan pada tahun 2009.

Booking Calendar terkenal karena interface yang rapi dan mendukung berbagai bahasa asing. Berikut ini adalah beberapa fitur lainnya:

  • Panel admin. Pengguna bisa menerima atau menolak reservasi, mencari reservasi dan mendapatkan notifikasi email.
  • Sinkronisasi booking. Fitur ini memungkinkan penggunanya untuk mengimpor feeds dari berbagai sumber seperti TripAdvisor, Airbnb, booking.com, maupun kalender lainnya yang menggunakan eksistensi .ics.
  • Fleksibel. Kamu bisa menavigasikan situs dan reservasi layanan secara langsung. Sebagai pemilik website, kamu dapat mengkustomisasi formulir reservasi, menghindari double booking dan memasang waktu kosong.

5. Pinpoint Booking System

plugin booking wordpress

Kamu bisa mendapatkan berbagai fitur menarik meskipun menggunakan versi gratisnya. Berikut ini adalah beberapa fitur yang bisa kamu dapatkan, yaitu:

  • Membuat penawaran, seperti kupon dan voucher dengan mudah.
  • Integrasi WooCommerce. Bagi kamu yang memiliki toko online maupun berencana membuatnya, plugin ini sangat cocok karena terintegrasi dengan WooCommerce.
  • Kalender AJAX-powered. Kamu tak perlu merefresh halaman saat melakukan perubahan.

Nah itulah beberapa rekomendasi plugin booking versi gratis. Jangn lupa menambahkan plugin security agar website terhindar dari tindak kejahatan seperti pencurian informasi saat melakukan reservasi.

Kamu bisa membaca Top 11 Plugin Security WordPress Terbaik 2021!

Plugin Booking WordPress Premium

Jika kamu membutuhkan fitur tambahan, menggunakan plugin booking WordPress versi premium merupakan pilihan yang tepat. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi plugin booking versi premium, yaitu:

1. Amelia

plugin booking wordpress

Plugin Amelia WordPress merupakan plugin reservasi populer karena user interface yang intuitif.

Amelia sangat cocok untuk beberapa layanan yang berorientasi pada customer, seperti salon kecantikan, klinik medis, pusat kebugaran dan firma hukum.

Berikut ini adalah beberapa fitur andalan Amelia, yaitu:

  • Multiple user. Jika bisnis yang dijalankan memiliki banyak staf, maka Amelia sangat tepat digunakan. Karena menyediakan fitur multiple user dengan kalender untuk masing-masing penggunanya.
  • Mendukung beragam layanan. Amelia dapat mengkategorikan layanan di interface bawaannya, sehingga tak perlu membuat halaman terpisah untuk tiap kategori.
  • Dashboard backend yang informatif. Sehingga memudahkan penggunanya melihat diagram penjualan dan business metrics.
  • Memuat banyak lokasi. Sehingga jika bisnis beroperasi di berbagai tempat, dapat ditambahkan ke dalam database dengan mudah.

2. Booked

plugin booking wordpress

Harga plugin ini cukup terjangkau, dimulai dari 49 USD saja kamu akan mendapatkan berbagai fitur menarik yang sangat membantu. Yaitu:

  • Interfacenya sangat mudah dan elegan.
  • Reservasi tamu.
  • Mendukung berbagai macam kalender.
  • Terintegrasi dengan WooCommerce.
  • Agen Front-End, dimana pengguna dapat mengelola janji mereka.
  • Pengguna dapat menentukan berbagai acara seperti hari libur melalui pilihan waktu khusus.

3. Event Booking Pro

plugin booking wordpress

Plugin booking ini memberikan fitur-fitur menarik yang akan mendukung kegiatan reservasi kamu, seperti:

  • Pilihan ticketing lengkap. Kamu bisa membuat dan mengelola semua jenis sistem tiket.
  • 3 kalender lengkap yang berbeda. Pengguna dapat menambahkan kalender mingguan dan harian ke pengaturan.
  • Fitur manajemen acar all-in-one. Kamu dapat membuat, mengelola dan acara dengan lebih mudah.

Itulah beberapa rekomendasi plugin booking versi premium. Kamu bisa menggunakan versi premium untuk mendapatkan fitur yang lebih profesional. Kamu juga bisa membaca 10 Top Rekomendasi Plugin Email Marketing Terbaik!

Kesimpulan

Pembahasan mengenai plugin booking WordPress cukup mudah dipahami, bukan? Kamu tak perlu bingung memilih mana plugin yang akan digunakan.

Pastikan spesifikasi dan fitur yang ditawarkan plugin tersebut sesuai dengan kebutuhan kamu.

Terlepas dari versi gratis dan premium, kembali lagi disesuaikan dengan kebutuhan kamu. Jika memiliki pertanyaan jangan ragu untuk meninggalkan komentar di kolom yang tersedia di bawah, agar kita bisa mendiskusikannya bersama!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

© Bamaha Digital 2021

Mitra Bisnis Online Anda

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram